BAB III METODE PENELITIAN

53 downloads 11605 Views 293KB Size Report
2. Ha : Ada perbedaan rata-rata kadar hemoglobin ibu hamil anemia sebelum dan .... Independent sample t-test adalah jenis uji statistika yang bertujuan untuk  ...

BAB III METODE PENELITIAN

A. Kerangka Konsep Secara konseptual, variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini terdiri dari variabel independent dan variabel dependent seperti gambar berikut : Variabel Independent

Variabel Dependent

Kelompok kontrol (mendapat suplemen tablet Fe) Perubahan kadar hemoglobin pada ibu hamil anemia Kelompok perlakuan (mendapat suplemen tablet Fe dan konsumsi jambu biji) 1. 2. 3. 4. 5.

Penambahan volume darah atau hemodolusi. Pertambahan kebutuhan asupan zat gizi. Peningkatan kebutuhan zat besi. Gangguan penyerapan zat besi. Kebutuhan Vitamin C 85 mg perhari

Keterangan: = Variabel yang diteliti = Variabel yang tidak diteliti

Gambar 3.1 Kerangka Konsep

58

Diukur dengan menggunakan metode Hemoglobin Testing System Quik-Check

Hasil dalam gr /dl

59

B. Hipotesis Akhir 1.

Ha

: Ada perbedaan rata-rata kadar hemoglobin ibu hamil anemia sebelum dan sesudah mendapat suplementasi tablet Fe pada kelompok kontrol.

Ho

: Tidak ada perbedaan rata-rata kadar hemoglobin ibu hamil anemia sebelum dan sesudah mendapat suplementasi tablet Fe pada kelompok kontrol.

2.

Ha

: Ada perbedaan rata-rata kadar hemoglobin ibu hamil anemia sebelum dan sesudah mendapat suplementasi tablet Fe serta mengkonsumsi jambu biji pada kelompok perlakuan.

Ho

: Tidak ada perbedaan rata-rata kadar hemoglobin ibu hamil anemia sebelum dan sesudah mendapat suplementasi tablet Fe serta mengkonsumsi jambu biji pada kelompok perlakuan.

3.

Ha

: Ada perbedaan kadar hemoglobin pada kelompok kontrol (ibu hamil anemia yang mendapat suplementasi tablet Fe) dengan kelompok perlakuan (ibu hamil anemia yang mendapat suplementasi tablet Fe serta konsumsi jambu biji).

Ho

: Tidak ada perbedaan kadar hemoglobin pada kelompok kontrol (ibu hamil anemia yang mendapat suplementasi tablet Fe) dengan kelompok perlakuan (ibu hamil anemia yang mendapat suplementasi tablet Fe serta konsumsi jambu biji).

60

C. Jenis dan Rancangan Penelitian 1. Jenis Penelitian Jenis penelitian ini bersifat Deskriptif Analitik yang dilakukan secara Cross Sectional yaitu variabel-variabel yang diteliti diukur dan dikumpulkan dalam satu titik waktu tertentu. 2. Rancangan Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasy experiment dengan rancangan nonrandomized pretest and posttest with control group design yang digunakan untuk mengetahui Pengaruh konsumsi jambu biji terhadap perubahan kadar hemoglobin ibu hamil anemia yang mendapat suplementasi tablet Fe. Penelitian quasy experiment ini bertujuan mengungkap kemungkinan adanya hubungan sebab akibat antara variabel tanpa adanya manipulasi suatu variabel, artinya variabel-variabel yang akan diuji hubungan kausalnya terjadi dalam kondisi yang wajar54. Penelitian quasy experiment dengan rancangan nonrandomized pretest and posttest with control group design dapat digambarkan sebagai berikut55: O¹----------------------X¹------------------------O² O3----------------------X²------------------------O4 Keterangan : O¹

=

Kadar hemoglobin sebelum intervensi pada kelompok kontrol

61



=

Intervensi konsumsi suplementasi tablet Fe pada kelompok kontrol



=

Kadar hemoglobin setelah intervensi pada kelompok kontrol

O3

=

Kadar

hemoglobin sebelum

intervensi

pada kelompok

perlakuan X²

=

Intervensi konsumsi suplementasi tablet Fe dan konsumsi jambu biji pada kelompok perlakuan

O4

=

Kadar hemoglobin setelah intervensi pada kelompok perlakuan

D. Populasi dan Sampel Penelitian 1.

Populasi Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar sebanyak 82 orang.

2.

Sampel Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling dimana untuk memperoleh data peneliti menemui subjek penelitian yaitu ibu-ibu hamil diseluruh wilayah kerja Puskesmas yang memenuhi kriteria, yaitu : Ibu hamil yang bersedia menjadi sampel, ibu hamil trimester III, ibu hamil yang anemia (Hb F-Tabel. Bentuk varian kedua kelompok data akan berpengaruh pada nilai standar error yang akhirnya akan membedakan rumus pengujiannya. Uji t untuk varian yang sama (equal variance) menggunakan rumus manual Polled Varians:

Uji t untuk varian yang berbeda (unequal variance) menggunakan rumus manual Separated Varians dibawah ini :

72

Keterangan : n1

: Jumlah sampel 1

n2

: Jumlah sampel 2 : Rata-rata sampel ke-1 : Rata-rata sampel ke-2 : Varians sampel ke-1 : Varians sampel ke-2

I. Jadual Penelitian (lampiran 1)