BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Objek Penelitian Objek ...

8 downloads 291 Views 106KB Size Report
Objek penelitian adalah apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian ... didaktis adalah pendekatan yang berusaha menemukan dan memahami gagasan,.

24

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

A. Objek Penelitian Objek penelitian adalah apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian (Arikunto, 2010:161). Objek penelitian dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Jilbab Putih Kekasih karya K. Usman.

B. Data dan Sumber Data 1. Data Data adalah informasi yang diakui kebenarannya dan akan menjadi dasar untuk dianalisis dalam penelitian (Nurastuti, 2007:126). Data penelitian ini berupa teks yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Jilbab Putih Kekasih karya K. Usman. 2. Sumber Data Sumber data adalah subjek dari mana data dapat diperoleh (Arikunto, 2010:172). Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah novel Jilbab Putih Kekasih karya K. Usman yang diterbitkan oleh Republika, Jl. Pejaten Raya No. 40 Jati Padang, Jakarta Selatan 12540 dengan jumlah halaman 260. Novel tersebut merupakan cetakan pertama dengan warna sampul putih bergambar seorang wajah perempuan berjilbab putih.

24

25

C. Pendekatan Penelitian Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan didaktis. Menurut Aminuddin dalam Djuanda dan Iswara (2006:175) pendekatan didaktis adalah pendekatan yang berusaha menemukan dan memahami gagasan, tanggapan evaluatif maupun sikap pengarang terhadap kehidupan. Gagasan, tanggapan maupun sikap itu akan mampu terwujud dalam suatu pandangan etis, filosofis, maupun agamis sehingga akan mengandung nilai-nilai moral yang mampu memperkaya kehidupan rohaniah pembaca. Prinsip dasar pendekatan ini beranjak dari pesan cipta sastra, bahwa cipta sastra itu mempunyai pesan untuk pembacanya. Oleh karena itu, pendekatan ini memerlukan kepekaan, intelektual dalam menangkap pesan cerita yang dibacanya. Pada waktu pembaca membaca cerita diharapkan dapat menemukan butir-butir pesan moral yang dapat dicerna, dipahami, dan dijadikan pegangan oleh pembaca dalam kehidupannya. Pendekatan ini menganalisis bagaimana nilai moral tokoh dalam karya sastra. Moral merupakan suatu konsep yang dirumuskan oleh suatu masyarakat bagi suatu norma tentang kehidupan sebuah masyarakat. Seseorang akan melakukan sebuah tindakan, akan mempunyai kontrol dan menjaga dirinya sendiri melalui moral itu sendiri. Nilai-nilai pendidikan karakter diperoleh dengan membaca dan menikmati cerita, sekaligus belajar dan menghayati nilai-nilai didaktis yang ada pada cerita. Dengan demikian, nilai-nilai itu akan lebih lama dan mudah diingat daripada melalui pembelajaran yang dipaksakan. Pelaksanaan pendekatan didaktis ini diawali dengan upaya pemahaman satuan-satuan pokok pikiran yang terdapat dalam cerita. Satuan pokok pikiran itu

26

merupakan hasil memahami dari paparan gagasan pengarang baik dari paparan naratif pengarang, dialog tokoh, maupun lakuan pelaku atau dialog. Pendekatan didaktis digunakan untuk memperoleh gambaran tentang pendidikan karakter yang ada dalam sebuah novel dan memberikan suatu jalan dalam mencapai tujuan tertentu. Karya sastra tidak ubahnya sebuah buku yang berisi ilmu-ilmu bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya. Oleh karena itu, melalui pendekatan didaktis akan dapat mengetahui secara langsung nilai pendidikan karakter, baik buruknya tingkah laku, sikap, dan perbuatan seseorang di dalam sebuah karya sastra.

D. Teknik Analisis Data Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Ratna (2011:53) berpendapat metode deskriptif analisis adalah metode yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusun dengan analisis. Secara etimologis deskripsi dan analisis berarti menguraikan. Meskipun demikian, analisis yang berasal dari bahasa Yunani, analyein („ana‟ = atas, „lyein‟= lepas,urai), telah diberikan arti tambahan, tidak semata-mata menguraikan melainkan juga memberikan pemahaman dan penjelasan secukupnya. Secara khusus penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis yaitu mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Jilbab Putih Kekasih karya K. Usman.

27

E. Langkah Kerja Penelitian 1. Membaca dan memahami secara keseluruhan isi novel Jilbab Putih Kekasih. 2. Mencatat nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Jilbab Putih Kekasih ke dalam kartu data. 3. Mengklasifikasikan nilai-nilai pendidikan karakter sesuai dengan jenisnya. 4. Menganalisis bagian-bagian kalimat (teks) penting dalam novel Jilbab Putih Kekasih yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. 5. Memberikan saran implementasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. 6. Menyimpulkan hasil analisis.