Chapter I.pdf - USU Institutional Repository - Universitas Sumatera ...

7 downloads 582 Views 224KB Size Report
Fasilitas adalah sarana dan prasarana untuk melancarkan dan memberikan ... Fasilitas kerja terbagi atas dua bagian yaitu fasilitas sarana kantor dan.

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah Fasilitas adalah sarana dan prasarana untuk melancarkan dan memberikan kemudahan suatu pekerjaan. Kerja adalah kegiatan melakukan sesuatu. Jadi secara harafiah fasilitas kerja adalah segala sesuatu berupa sarana dan prasarana yang dapat membantu memudahkan suatu kegiatan atau aktivitas Dalam setiap segi proses perkantoran yang produktif, maka perusahaan harus menyediakan fasilitas kerja yang lengkap. Persaingan diantara perusahaan yang semakin ketat menuntut manusia bertindak semakin cepat untuk mencapai peningkatan produktivitas. Peningkatan produktivitas dapat ditunjang dengan adanya penyediaan fasilitas kerja yang dapat membantu dan memotivasi karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor dengan baik. Dalam menyelesaikan tugas-tugas sehubungan dengan pekerjaan kantor dibutuhkan berbagai fasilitas kerja agar tujuan yang telah ditetapkan suatu perusahaan dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Dengan adanya fasilitas kerja yang baik akan menyebabkan hasil kerja yang tinggi dan berdampak besar terhadap perusahaan. Sehingga secara langsung perusahaan akan memperoleh keuntungan yang lebih dan membuat peluang yang besar bagi tercapainya produktivitas yang telah ditetapkan. Fasilitas kerja terbagi atas dua bagian yaitu fasilitas sarana kantor dan fasilitas prasarana kantor. Adapun fungsi dari fasilitas sarana kantor adalah sebagai berikut :

Universitas Sumatera Utara

1. Untuk menghemat secara fisik tenaga dan pikiran manusia dalam melakukan pekerjaannya. 2. Mengurangi kebosanan dan keletihan bekerja apabila harus mengerjakan pekerjaan yang berulang-ulang. 3. Untuk menghemat waktu 4. Untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan rapi. 5. Meningkatkan ketelitian yang sempurna karena jika dilakukan secara manual bisa terjadi kesalahan. Fungsi dari fasilitas prasarana kantor adalah untuk memotivasikan karyawan agar mau bekerja dengan giat dan antusias untuk mencapai hasil yang optimal. Dengan demikian dapat meningkatkan poduktivitas pada suatu perusahaan Pada umumnya peningkatan produktivitas perusahaan merupakan hasil dari fasilitas kerja dan kemampuan dari karyawan itu sendiri. Artinya peran fasilitas kerja terhadap peningkatan produktivitas perusahaan sangat penting dan bukan hanya saja kemampuan karyawan tapi fasilitas juga dapat memotivasikan karyawan untuk bekerja lebih baik sehingga setiap karyawan memberikan kontribusi positif kepada perusahaan yang akan menyebabkan produktivitas pada perusahaan yang baik. PT

Bank

Perkreditan

Rakyat

Laksana

Abadi

Sunggal

Medan

menggunakan berbagai macam fasilitas kerja untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja dan ketepatan waktu pengerjaan tugas oleh karyawan. Dengan tersedianya fasilitas kerja yang terdapat pada PT Bank Perkreditan Rakyat

Universitas Sumatera Utara

Laksana Abadi Sunggal Medan menyebabkan peningkatan produktivitas kerja secara terus-menerus. Fasilitas kerja yang terdapat pada PT Bank Perkreditan Rakyat Laksana Abadi Sunggal Medan antara lain adalah fasilitas sarana kantor dan fasilitas prasarana kantor. Fasilitas sarana kantor terdiri dari komputer, laptop, faksimile, printer, fotokopi, mesin ketik, dan in foccus. Fasilitas prasarana kantor pada PT Bank Perkreditan Rakyat Laksana Abadi Sunggal Medan terdiri dari: fasilitas pendidikan, fasilitas olah raga dan rekreasi, fasilitas transportasi yang berupa mobil untuk Direksi dan sepeda motor untuk bagian marketing,fasilitas kesahatan berupa Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK) dan jaminan berupa: jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan semua fasilitas tersebut disediakan untuk semua karyawan. Fasilitas lainnya adalah baju dinas, tas marketing, dan tempat tinggal untuk cleaning service. Produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu. Jika suatu perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan maka secara langsung produktivitas perusahaan akan meningkat. Dengan adanya fasilitas kerja yang baik pada PT Bank Perkreditan Rakyat Laksana Sunggal Medan dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Dengan meningkatnya produktivitas karyawan menyebabkan produktivitas perusahaan meningkat. Produktivitas yang meningkat dapat dilihat dari jumlah nasabah yang semakin tinggi. Jumlah nasabah yang meningkat karena karyawan memberikan pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik dari karyawan didukung oleh adanya fasilitas kerja.

Universitas Sumatera Utara

B. Permasalahan Berdasarkan latar belakang maka masalah yang dikemukakan penulis adalah “Apakah fasilitas kerja yang tersedia pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Laksana Abadi Sunggal Medan dapat menunjang produktivitas” C. Tujuan Penelitian Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui peranan fasilitas kerja yang tersedia dalam menunjang produktivitas pada PT Bank Perkreditan Rakyat Laksana Abadi Sunggal Medan. D. Manfaat Penelitian Manfaat penulisan Tugas Akhir dari penelitian yang penulis lakukan adalah: 1. Sebagai bahan masukan dan informasi bagi PT Bank Perkreditan Rakyat Laksana Abadi Sunggal Medan. 2. Untuk menambah pengetahuan dan wawasan peneliti mengenai peranan fasilitas kerja tersebut. 3. Bagi pihak lain, dalam hal ini peneliti sebagai pengetahuan tambahan yang mungkin dapat berguna bagi yang membutuhkannya.

E. Jadwal Penelitian dan Sistimatika Penulisan 1. Jadwal Penelitian Dalam penulisan tugas akhir ini penulis membuat jadwal kegiatan, gunanya agar waktu yang diperlukan dapat dibagi-bagi dengan teratur, supaya penulisan tugas akhir ini dapat diselesaikan tepat waktunya.

Universitas Sumatera Utara

Tabel 1.1 Kegiatan Penulisan Tugas Akhir

No.

Kegiatan I

1

Persiapan

2

Pengumpulan Data

3

Pembuatan Tugas Akhir

Minggu Ke II

III

Jadwal penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Mei pada PT Bank Perkreditan Rakyat Laksana Abadi Sunggal Medan. Dalam penelitian tersebut dilakukan pengumpulan data mengenai fasilitas kerja pada PT Bank Perkreditan Rakyat Laksana Abadi Sunggal Medan dan pengukuran produktivitas dalam hal ini berupa peningkatan jumlah nasabah. 2. Sistimatika Penulisan Berikut merupakan sistimatika penulisan yang akan disajikan pada penulisan tugas akhir ini: BAB I

PENDAHULUAN Dalam bab ini, diuraikan mengenai Latar Belakang Masalah, Permasalahan, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Jadwal Penelitian dan Sistimatika Penulisan

BAB II PROFIL PERUSAHAAN Dalam bab ini, diuraikan mengenai Sejarah Ringkas, Struktur Organisasi dan personalia, Job Description, Jaringan Usaha/Kegiatan, Kinerja Usaha Terkini, dan Rencana Kegiatan PT. Bank Perkreditan Rakyat Laksana Abadi Sunggal Medan.

Universitas Sumatera Utara

BAB III PEMBAHASAN Pada bab ini, diuraikan mengenai hasil penelitian mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan judul tugas akhir. Pembahasan berupa fasilitas kerja, peranan fasilitas kerja untuk meningkatkan produktivitas, dan hasil nyata peranan fasilitas kerja pada PT Bank Perkreditan Rakyat Laksana Abadi Sunggal Medan. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN Pada bab ini, diuraikan kesimpulan yang merupakan inti dari pembahasan penelitian dan saran yang merupakan masukan yang membangun bagi PT Bank Perkreditan Rakyat Laksana Abadi Sunggal Medan.

Universitas Sumatera Utara

Suggest Documents