Chapter I.pdf - USU Institutional Repository - Universitas Sumatera ...

6 downloads 85 Views 528KB Size Report
Bagaimana membuat multimedia video pembelajaran Microsoft Office 2007 ... pembelajaran Microsoft Office Word, Excel, dan Power Point Microsoft Office.

Universitas Sumatera Utara

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Ilmu pengetahuan berkembang sangat cepat akhir-akhir ini. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan ini, manusia dituntut untuk tetap mengupdate dirinya dengan hal-hal baru. Mereka yang memiliki kemampuan untuk berkembang membutuhkan cara-cara yang efektif dan efisien dalam mengupdate kemampuan dirinya itu, salah satunya dengan belajar.

Proses belajar memiliki banyak cara, baik itu melalui perantaraan guru, membaca buku ataupun secara otodidak. Namun proses belajar tersebut kadang kala dirasa belum cukup untuk memenuhi keingintahuan manusia. Oleh karena itu, diperlukan cara-cara yang dirasa cukup sempurna dalam pengimplementasiannya. Komputer merupakan suatu mesin yang selalu mengalami perkembangan pesat juga berperan penting dalam proses belajar. Melalui komputer kita dapat membuat suatu modul pembelajaran sehingga dengan adanya modul ini orang-orang yang ingin belajar tetapi memiliki keterbatasan waktu yang tidak memungkinkan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dapat belajar di waktu yang diinginkannya. Penggunaan komputer dalam pembelajaran itu sendiri bukan hal baru, tetapi merupakan salah satu inovasi teknologi pendidikan dalam pengembangan media pembelajaran yang dapat

Universitas Sumatera Utara

diandalkan. Salah satu media yang dapat digunakan untuk pembelajaran adalah berupa video pembelajaran atau sering disebut dengan video tutorial.

Microsoft Office 2007 adalah sebuah software aplikasi pengolahan kata yang sangat banyak digunakan dalam kegiatan perkantoran, perkuliahan hingga proses belajar di sekolah. Penggunaan Microsoft Office 2007 yang dirasa masih cukup baru sebagai software pengolahan kata dibandingkan dengan Microsoft Office 2003 yang telah lebih dulu ada sebenarnya tidaklah jauh berbeda, bahkan hasil pekerjaan akan terlihat lebih baik dengan menggunakan Microsoft Office 2007 ini, sehingga diharapkan akan banyak masyarakat umum beralih dari menggunakan Microsoft Office 2003 ke Microsoft Office 2007 dalam melakukan kegiatannya yang memanfaatkan software tersebut.

Dengan dilatar belakangi masalah diatas, maka penulis membuat tugas akhir ini dengan judul ” MULTIMEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MICROSOFT OFFICE 2007 MENGGUNAKAN SOFTWARE CAMTASIA STUDI 6.0 ”.

1.2 Perumusan Masalah

Adapun yang menjadi masalah adalah : 1. Bagaimana membuat multimedia video pembelajaran Microsoft Office 2007 dengan menggunakan software camtasia studio6.0 dan dengan software pendukungnya Macromedia Flash Professional 8.

Universitas Sumatera Utara

2.

Bagaimana menyajikan multimedia video pembelajaran yang interaktif dan menarik sehingga para pengguna video ini tertarik untuk belajar menggunakan Microsoft Office 2007.

1.3 Tujuan

Tujuan dari pembuatan tugas akhir ini, untuk menciptakan multimedia video pembelajaran microsoft office 2007 yang interaktif dan menarik dalam bentuk visual agar user yang melihat dapat memahami dengan baik apa yang penulis sampaikan sehingga dapat bermanfaat suatu saat kelak.

1.4 Batasan Masalah

Dikarenakan kemampuan penulis yang sangat terbatas, maka penulis membatasi ruang lingkup masalah pada penulisan tugas akhir ini, yaitu : 1. Pembuatan multimedia video pembelajaran Microsoft Office 2007 hanya dibatasi pada pengenalan & penggunaan fitur-fitur baru Microsoft Office 2007, pembelajaran Microsoft Office Word, Excel, dan Power Point Microsoft Office 2007. 2. Dapat dijalankan di bawah lingkungan sistem operasi Windows 2000, XP dan, Vista.

Universitas Sumatera Utara

1.5 Metodologi Penelitian

Adapun metodologi penelitiain yang dilakukan adalah : 1. Pengumpulan Data Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data-data yang diperlukan sebagai bahan bagi penulis dalam melakukan perancangan multimedia video pembelajarn ini, dengan cara : Penelitian Kepustakaan (Library Reseach) Kegiatan yang dilakukan penulis diperpustakaan untuk memperoleh data yang teoritis. Dalam hal ini memperhatikan subjek yang menjadi pembahasan berkenaan dengan buku bacaan yang berhubungan dengan perancangan tugas akhir, serta mempelajari beberapa referensi Tugas Akhir yang berhubungan dengan perancangan multimedia video pembelajaran, baik dari berbagai tutorial, e-book dengan

mengunjungi website-website yang berhubungan

dengan pembutan multimedia video pembelajaran ini. 2. Penyusunan data Penyusunan data dilaksanakan setelah pengumpulan data selesai dilakukan. 3. Perancangan Pada tahap ini penulis akan melakukan perancangan multimedia video pembelajaran sesuai dengan judul tugas akhir penulis. 4. Data Entry Data entry akan dilakukan pada saat perancangan sedang dilakukan. Penulis akan memasukkan data- data yang telah diperoleh pada proses perancangan.

Universitas Sumatera Utara

5. Uji Coba & Perbaikan Proses uji coba akan dilakukan setelah semua perancangan dan data entry rampung dilakukan, dan ketika terdapat beberapa kekurangan desain rancangan pada saat uji coba dilaksanakan maka penulis akan melakukan perbaikan pada rancangan guna memperoleh hasil akhir yang maksimal.

1.6 Kontribusi

Adapun kontribusi yang akan penulis berikan sebagai hasil dari tugas akhir ini yaitu berupa multimedia video pembelajaran Microsoft Office 2007, yang mana dapat dipergunakan baik dari berbagai kalangan seperti lingkungan sekolah, perkuliahan, perkantoran dan lain sebagainya sehingga dapat mempelajari penggunaan Microsoft Office 2007 lebih efektif dan efisien dengan adanya multimedia video pembelajaran ini.

1.7 Sistematika Penulisan

Langkah-langkah yang dilakukan dalam menyelesaikan penulisan ini adalah : BAB I

Pendahuluan Bab ini penulis menerangkan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan, batasan masalah, metodologi penelitian, kontribusi, dan sistematika penulisan.

BAB II

Landasan Teori Bab ini penulis menerangkan tentang teori dasar yang berhubungan dengan pengenalan multimedia, penjelasan pemrograman pembelajaran

Universitas Sumatera Utara

interaktif, pengenalan singkat Microsoft Office 2007 sebagai materi pembelajaran yang digunakan dalam pembuatan multimedia video pembelajaran, dan pengenalan software-software yang digunakan, seperti camtasia studio 6.0 dan macromedia flash professional 8. BAB III

Analisis dan Perancangan Pada bab ini membahas tentang analisis dan perancangan dalam pembuatan

multimedia video pembelajaran Microsoft Office 2007,

dimulai dari analisis sistem pembelajaran, perancangan sistem, algoritma, perekaman, pengeditan, produksi/pengkonversian video dengan menggunakan camtasia studio 6.0, dan pengabungan video hasil rekaman dengan desain flash yang telah dibuat. BAB IV

Implementasi Sistem Pada bab ini berisi tentang pengertian dan tujuan implementasi sistem, pembahasan implementasi dari hasil pembuatan multimedia video pembelajaran Microsoft Office 2007, serta kelebihan dan kekurangan dari multimedia video pembelajaran yang telah dibuat.

BAB V

Kesimpulan dan Saran Dalam bab ini penulis menguraikan kesimpulan yang diperoleh dan saran-saran yang bermanfaat.

Universitas Sumatera Utara

Suggest Documents