Contoh-contoh perhitungan biaya modal

49 downloads 250 Views 98KB Size Report
Perhitungan biaya rantai dingin: Contoh. 6. 6. Perhitungan biaya rantai dingin: Tabel. 7. 7. Bagaimana menghitung biaya ruang gedung. 9. Kunjungi website ...

August 2005

Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biaya

Contoh-contoh perhitungan biaya modal Judul

Halaman

1. Bagaimana menghitung biaya kendaraan

2

2. Perhitungan biaya kendaraan: Contoh

3

3. Perhitungan biaya kendaraan: Tabel

4

4. Bagaimana menghitung biaya rantai dingin

5

5. Perhitungan biaya rantai dingin: Contoh

6

6. Perhitungan biaya rantai dingin: Tabel

7

7. Bagaimana menghitung biaya ruang gedung

9

Kunjungi website kami untuk melihat perubahannya: http://aim-e-learning.stanford.edu/ Hak Cipta © 2003-2005, Program for Appropriate Technology for Health (PATH). All rights reserved. Terminologi yang digunakan: Dokumen ini boleh dikaji, disarikan, diproduksi ulang dan diterjemahkan, baik sebagian ataupun seluruhnya, akan tetapi tidak untuk diperjual-belikan dan tidak untuk tujuan komersial.

Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biaya

Contoh-contoh perhitungan biaya modal

Bagaimana menghitung biaya kendaraan 1. Pendekatan Metoda ini menggunakan harga kendaraan sebenarnya dan membaginya dengan perkiraan waktu bergunanya untuk mendapatkan perkiraan biaya rata-rata tahunan (atau angka anualisasi). 2. Langkah-langkah: Langkah 1: Kumpulkan informasi mengenai total armada kendaraan yang digunakan untuk program imunisasi menurut jenis kendaraan: mobil, kendaraan lapangan, motor, sepeda, perahu. Langkah 2: Dengan menggunakan laporan pengeluaran, tagihan atau kwitansi pembelian kendaraan, atau lembar informasi produk UNICEF-WHO, berikan harga pembelian yang benar pada tiap jenis kendaraan. Apabila harga pembelian model tertentu tidak diketahui, pakai harga rata-rata untuk kategori kendaraan tersebut. Langkah 3: Melalui wawancara dengan pengemudi, tentukan jumlah tahun berguna untuk tiap kategori kendaraan. Jika informasi tidak tersedia, secara umum gunakan 5 tahun untuk kendaraan, tergantung pada keadaan tiap negara (keadaan jalan, penggunaan). Kurangi dari angka untuk kendaraan dengan jumlah tiap jenis kendaraan yang lebih tua dari tahun berguna mereka. Catat bahwa pengurangan ini hanya mengeluarkan dari perhitungan anda kendaraan yang seharusnya diganti tetapi belum. Tidak berarti bahwa kendaraan ini tidak dipakai atau tidak dapat dijual, dan tidak berarti anda tidak membayar biaya pengoperasiannya (diperhitungkan di bagian lain). Langkah 4: Hitung total biaya modal tahunan kendaraan, dengan rumus berikut: Rata-rata biaya modal tahunan kendaraan menurut jenis = [harga satuan kendaraan / jumlah tahun berguna ] x total jumlah kendaraan jenis tersebut yang digunakan untuk imunisasi. Hati-hati! Dengan metoda ini, diasumsikan bahwa semua kendaraan adalah spesifik-program (digunakan 100% untuk layanan jasa imunisasi). Hanya jika sejumlah besar kendaraan digunakan bersama, gunakan persentase waktu yang dipakai untuk kebutuhan imunisasi dan dimasukkan ke dalam perhitungan (lihat contoh Tabel di bawah). Tip! Biaya pemeliharaan kendaraan yang berulang dapat diperkirakan sebagai proporsi biaya modal tahunan (sekitar 5%). Tunjukkan pada saya sebuah contoh

Advanced Immunization Management • http://aim-e-learning.stanford.edu/ • Halaman 2

Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biaya

Contoh-contoh perhitungan biaya modal

Kembali ke: Kendaraan.

Perhitungan biaya kendaraan: Contoh Dalam 4 tahun belakangan, program imunisasi anda telah membeli: • 2 kendaraan lapangan (four-wheel drive) pada tingkat nasional, dan 1 untuk tiap wilayah (seluruhnya terdapat 8 wilayah). Harganya $25.000 untuk tiap mobil. • 18 mobil, 2 untuk tiap wilayah dan 2 untuk tingkat nasional. Walaupun mereka berbeda modelnya, rata-rata sebuah mobil berharga $15.000. • 100 motor; 20 di antaranya pada tingkat regional dan sisanya telah diberikan pada layanan tingkat kecamatan. Motor-motor ini digunakan untuk layanan outreach, tetapi karena imunisasi terintegrasi dengan jasa layanan kesehatan lainnya, diperkirakan bahwa hanya digunakan untuk imunisasi 50% dari waktu penggunaannya di tingkat kecamatan. Motor murah karena harganya hanya $800 tiap buahnya. Hampir semua wilayah kecamatan jalannya buruk, dan motor diperkirakan berumur 4 tahun sebelum harus diganti. Kendaraan four-wheel drive biasanya berumur rata-rata 8 tahun. Anda tidak pasti berapa lama umur mobil, jadi anda perkirakan selama 5 tahun. Biaya: Langkah 5: Biaya modal rata-rata tahunan kendaraan menurut jenisnya = [harga satuan dari kendaraan / jumlah tahun berguna ] x total jumlah kendaraan jenis tersebut yang digunakan untuk imunisasi. a. Biaya modal tahunan ratarata:

Mobil 4-wheel drive

= 25.000 / 8 x 10

= $31.250 b. Biaya modal tahunan ratarata:

mobil

= 1500 / 5 x 18

= $54.000 c. Biaya modal tahunan ratarata:

motor

= (800 / 4 x 20) + (800 / 4 x 80 x 50%) = $12.000

Total biaya modal tahunan rata-rata semua jenis kendaraan

= four-wheel drive + mobil + motor = 31.250 + 54.000 + 10.000

Advanced Immunization Management • http://aim-e-learning.stanford.edu/ • Halaman 3

Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biaya

Contoh-contoh perhitungan biaya modal

= $97.250

Bagaimana saya mempresentasikan ini dalam tabel? Kembali ke: Kendaraan.

Perhitungan biaya kendaraan: Tabel Perhitungan Biaya Kendaraan A

B

C

D

AxB/CxD

Total Kuantitas

Rata-rata nilai (termasuk pengiriman)

Tahun berguna/ Umur kendaraan

% Waktu yang digunakan untuk program imunisasi

Biaya Keuangan Tahunan

4WD

2

$25.000

8

100

$6.250

Mobil

2

$15.000

5

100

$6.000

4WD

8

$25.000

8

100

$25.000

Mobil

18

$15.000

5

100

$48.000

Motor

20

$800

4

50

$4000

Kendaraan

Tingkat Nasional

Motor Sepeda Lainnya (tentukan) Tingkat regional

Sepeda Lainnya (sebutkan) Tingkat kecamatan (termasuk

Advanced Immunization Management • http://aim-e-learning.stanford.edu/ • Halaman 4

Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biaya

Contoh-contoh perhitungan biaya modal

outreach) 4WD Mobil Motor

80

$800

4

50

$8.000

Sepeda Lainnya (sebutkan) TOTAL

$97.250

Dengan demikian, biaya modal tahunan rata-rata kendaraan dalam program anda adalah $97.250. Kembali ke: Kendaraan.

Bagaimana menghitung biaya rantai dingin 1. Pendekatan Metoda ini menggunakan harga pembelian aktual peralatan rantai dingin dan membaginya dengan waktu bergunanya untuk mendapatkan perkiraan biaya ratarata tahunan (atau angka anualisasi). 2. Langkah-langkah: Langkah 1: Persiapkan daftar terperinci dari semua peralatan rantai dingin di negara anda, menurut jenis peralatan (freezer, lemari pendingin, kotak pendingin, kotak pembawa vaksin, dst.). Langkah 2: Dengan menggunakan laporan pengeluaran, tagihan dan kwitansi pembelian peralatan rantai dingin, atau menggunakan lembar informasi produk UNICEF-WHO, masukkan harga pembelian yang benar untuk tiap jenis peralatan. Bila harga pembelian model tertentu tidak diketahui, gunakan harga rata-rata untuk kategori peralatan tersebut. Di mana saya mendapatkan informasi ini? • WHO dan UNICEF mengeluarkan serangkaian lembar informasi produk secara reguler yang mendaftarkan semua spesifikasi dan harga peralatan rantai dingin. Langkah 3: Melalui wawancara dengan staf logistik dan perbaikan rantai dingin, tentukan jumlah tahun berguna untuk tiap kategori peralatan rantai dingin. Jika informasi ini tidak tersedia, biasanya gunakan 5-10 tahun tergantung keadaan negara tertentu.

Advanced Immunization Management • http://aim-e-learning.stanford.edu/ • Halaman 5

Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biaya

Contoh-contoh perhitungan biaya modal

Langkah 4: Hitung total biaya modal kendaraan, menurut rumus berikut: Rata-rata biaya modal tahunan peralatan rantai dingin menurut jenisnya = [harga satuan dari peralatan rantai dingin / jumlah tahun berguna ] x total jumlah peralatan rantai dingin jenis tersebut yang digunakan untuk imunisasi Langkah 5: Ulangi langkah 4 untuk tiap jenis peralatan dalam program anda. Kemudian tambahkan semua sub total untuk menentukan biaya keseluruhan biaya modal tahunan untuk peralatan rantai dingin. Tip! • Biaya pemeliharaan rantai dingin yang berulang dapat diperkirakan sebagai proporsi biaya modal tahunan rata-rata (sekitar 5%). • Gunakan jumlah tahun berguna yang sama untuk jenis peralatan yang sama di seluruh analisis. Tunjukkan saya sebuah contoh Kembali ke: Peralatan Rantai Dingin.

Perhitungan biaya rantai dingin: Contoh Selama 6 tahun terakhir, program imunisasi anda telah membeli: • 50 lemari pendingin. 4 ditempatkan di tingkat nasional dan 46 buah sisanya didistribusi ke tingkat regional (12) dan tingkat kecamatan (34). Harganya $1.500 tiap buahnya. Manajer rantai dingin memperkirakan lemari pendingin dapat dipakai sampai 10 tahun pada tingkat nasional, 8 tahun untuk tingkat regional, tetapi hanya 5 tahun di tingkat kecamatan. • 12 freezer, satu untuk tiap wilayah. Walaupun model barangnya berbeda, harga rataratanya sebesar $1.800. Dari pengalaman yang lalu, kemungkinan freezer akan memiliki jumlah tahun berguna selama 15 tahun. • 200 kotak pembawa vaksin, yang semua digunakan pada tingkat kecamatan. Harganya $100 tiap buahnya, dan memiliki umur 10 tahun. Biaya: Biaya modal tahunan rata-rata peralatan rantai dingin menurut jenisnya = [harga satuan peralatan rantai dingin / jumlah tahun berguna ] x total jumlah peralatan rantai dingin jenis tersebut yang digunakan untuk imunisasi Langkah 4: a. Biaya modal tahunan ratarata:

lemari pendingin

= (1.500 / 10 x 4) + (1.500 / 8 x 12) + (1.500 / 5 x 34)

Advanced Immunization Management • http://aim-e-learning.stanford.edu/ • Halaman 6

Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biaya

Contoh-contoh perhitungan biaya modal

= $13.050 b. Biaya modal tahunan ratarata:

freezer

= 1.800 / 15 x 12

= $1.440 c. Biaya modal tahunan ratarata:

kotak pembawa vaksin

= 100 / 10 x 200

= $2.000 Langkah 5:

Total biaya

= Biaya modal tahunan ratarata (lemari pendingin + freezer + kotak pembawa vaksin) = 13.050 + 1.440 + 2.000 = $16.490

Dengan demikian, biaya modal tahunan rata-rata peralatan rata-rata program anda $16.490 Bagaimana saya mempresentasikan ini dalam sebuah tabel? Kembali ke: Peralatan Rantai Dingin.

Perhitungan biaya rantai dingin: Tabel Perhitungan Biaya Rantai Dingin

Peralatan Rantai Dingin

A

B

C

D

AxB/CxD

Total Kuantitas

Nilai ratarata (baru)

Tahun berguna

% Waktu digunakan untuk program imunisasi

Biaya Keuangan Tahunan

12

$1.500

10

100%

$600

Tingkat Nasional Ruang pendingin Lemari pendingin

Advanced Immunization Management • http://aim-e-learning.stanford.edu/ • Halaman 7

Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biaya

Contoh-contoh perhitungan biaya modal

Freezer Kotak dingin Kotak pembawa vaksin Tingkat regional Ruang pendingin Lemari pendingin

12

$1.500

8

Freezer

12

$1.800

15

34

$1.500

5

200

$100

10

100%

$2.250

$1.440

Kotak dingin Kotak pembawa vaksin Tingkat kecamatan (termasuk outreach) Ruang pendingin Lemari pendingin

100%

$10.200

Freezer Kotak pembawa vaksin

$2.000

Kotak dingin TOTAL

$16.490

Dengan demikian, harga modal tahunan rata-rata dari peralatan rantai dingin dalam program anda adalah $16.490 Kembali: Peralatan Rantai Dingin.

Advanced Immunization Management • http://aim-e-learning.stanford.edu/ • Halaman 8

Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biaya

Contoh-contoh perhitungan biaya modal

Bagaimana menghitung biaya ruang gedung 1. Pendekatan Perhitungan nilai ruang gedung berdasarkan perkiraan berapa biaya pembangunan gedung baru dan sejenis. 2. Langkah-langkah: Langkah 1: Kumpulkan informasi mengenai jumlah fasilitas kesehatan tetap dalam negara menurut karegori (rumah sakit propinsi, puskesmas kecamatan, apotik, dan tempat layanan kesehatan tetap lainnya). Langkah 2: Kumpulkan perkiraan biaya konstruksi untuk tiap jenis fasilitas kesehatan. Langkah 3: Biaya perabotan dasar dan peralatan rumah harus disertakan. Biasanya tambahkan 10% dari total biaya konstruksi untuk biaya perabot dan peralatan rumah. Langkah 4: Total biaya konstruksi untuk tiap fasilitas kesehatan, termasuk biaya perabot dan peralatan rumah, harus dianualisasi. Sebagai patokan, rata-rata jumlah tahun berguna untuk bagunan adalah 15-30 tahun. Langkah 5: Untuk membagi bagian biaya bangunan untuk imunisasi, alokasi waktu personil untuk imunisasi dapat dipakai sebagai perkiraan kasar (lihat metoda perkiraan biaya personil berulang). Contohnya, jika 50% dari staf dari fasilitas kesehatan yang mewakili, menggunakan 20% dari waktu mereka untuk imunisasi, maka 10% dari nilai gedung diperuntukkan bagi imunisasi. Langkah 6: Hitung total biaya modal tahunan gedung, dengan rumus sebagai berikut: Biaya gedung (jumlah semua jenis) = total jumlah gedung x [biaya konstruksi / tahun berguna] x % ruang yang digunakan untuk imunisasi (diperkirakan melalui persentase waktu staf). Tip! • Jumlah tahun berguna dari gedung harus ditentukan berdasarkan keadaan lokal. Jika informasi tidak tersedia, gunakan 15 sampai 20 tahun untuk fasilitas kesehatan standar dan 20 sampai 30 tahun untuk rumah sakit besar. • Bila keadaan biaya konstruksi atau biaya pembelian gedung tidak tersedia, pendekatan kasar dari biaya modal tahunan gedung dapat diperoleh dari tingkat lokal penyewaan gedung yang sama untuk satu tahun. Dalam kasus ini biaya gedung akan terlihat seperti biaya berulang dan bukan seperti biaya modal tetapi harus dipertimbangkan sebagai biaya modal.

Kembali ke: Ruang Gedung.

Advanced Immunization Management • http://aim-e-learning.stanford.edu/ • Halaman 9

Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biaya

Contoh-contoh perhitungan biaya modal

Advanced Immunization Management • http://aim-e-learning.stanford.edu/ • Halaman 10