format penulisan artikel untuk jurnal teknologi lingkungan - BPPT

42 downloads 1313 Views 145KB Size Report
FORMAT PENULISAN ARTIKEL UNTUK JURNAL TEKNOLOGI. LINGKUNGAN ( UPPERCASE, CENTER, BOLD, FONT ARIAL 14). Sub Judul Ditulis Di Sini ...

FORMAT PENULISAN ARTIKEL UNTUK JURNAL TEKNOLOGI LINGKUNGAN (UPPERCASE, CENTER, BOLD, FONT ARIAL 14) Sub Judul Ditulis Di Sini (Titlecase, Center, Regular, Font Arial 12) Oleh : Nama Penulis (Titlecase, Center, Bold, Font Arial 10)*) Abstrak Di sini anda diminta untuk menjelaskan hal-hal yang telah dilakukan, hasil utama, dan kesimpulan dari artikel yang anda tulis secara jelas dan singkat. Jumlah kata tidak lebih dari 250 (Jarak tulisan ke sisi kiri dan kanan adalah 4 cm). Ditulis dengan Sentence case, Justify, Italic, Font Arial 10 Katakunci : paling banyak 10 kata terpenting dalam artikel. Ditulis dengan Sentence case, justify, regular, font arial 10 1. PENDAHULUAN (UPPERCASE, LEFT, BOLD, FONT ARIAL 10) Format utama penulisan jurnal ini terdiri dari 2 kolom, yang ditulis dengan MS Word, page size A4, 1 spasi, sentence case, justify, regular, font arial 10. Margin kiri, kanan, atas dan bawah berukuran 3 cm. Jarak antar kolom 1/2 cm. Margin untuk header 1,25 cm, dan footer 1,5 cm. Pada page setup, di-click mirror margines, layout header dan footer di-click bagian Different odd and even. Awal paragraf menjorok ke dalam 1,25cm (format pada tab). Pada bagian pendahuluan tuliskan latar belakang, penjelasan mengenai penelitian terkait yang telah lebih dulu dipublikasikan (jika ada). Selain itu dijelaskan pula hal-hal spesifik dalam penelitian anda. Kutipan dari referensi atau daftar pustaka dibuat dengan tanda superscript (1), dengan 1 menunjukkan nomor dalam daftar pustaka. Istilah dalam bahasa asing dan simbol matematika ditulis dengan huruf miring.

2.1. Judul Isi Bahasan (Titlecase, Left, Bold, Font Arial 10) Judul dan subjudul yang muncul dalam bab ini dituliskan dengan nomor bertingkat seperti contoh ini. 2.1.1. Subjudul Isi Bahasan (Titlecase, Left, Bold, Arial 10) Rumus kimia atau matematika dituliskan seperti contoh berikut : √A + B3 + CO2 = ∫ X2 X-Y

(1)

Tabel dan gambar dapat disisipkan di tengah-tengah artikel seperti contoh ini, atau di bagian akhir artikel ini. Tabel 1. Judul Tabel (Titlecase,Center,Regular) No.

Judul Artikel

Penulis

2. BAHASAN (UPPERCASE, LEFT, BOLD, FONT ARIAL 10) Di sini dituliskan penjelasan mengenai bahan dan metode penelitian-nya. Anda dapat pula menggunakan nama teori dan metode eksperimen sebagai pengganti judul pasal 2 di atas. *)

Keterangan mengenai penulis, misalnya Penulis adalah pemerhati dan peneliti masalah lingkungan, saat ini bekerja pada Direktorat Teknologi lingkungan, TIEML, BPPT sebagai ahli peneliti utama. (ditulis dengan Sentence case, Justify, Italic, Font Arial 10)

Judul Artikel (Nama Penulis)

1

2. Nama Penulis, Tahun Terbitan, Judul Makalah/Artikel, Penerbit, Kota, Halaman 3. Heru D.W., 1999, Pengembangan Sistem Informasi Teknologi Lingkungan, PT. Elexmedia, Jakarta, 201-220. 4. … RIWAYAT PENULIS (UPPERCASE, LEFT, BOLD, FONT ARIAL 10)

Gambar 1. Judul Gambar (titlecase,center,regular) 3. KESIMPULAN (UPPERCASE, LEFT, BOLD, FONT ARIAL 10) Berisi rangkuman kesimpulan atas hasil penelitian yang dibahas pada bab-bab sebelumnya. DAFTAR PUSTAKA (UPPERCASE, LEFT, BOLD, FONT ARIAL 10)

Nama Penulis, lahir di mana tanggal berapa. Pendidikan S1 lulusan jurusan apa, Foto 2x3 fakultas apa, universitas mana, tahun berapa. Pendidikan S2 lulusan jurusan apa, fakultas apa, universitas mana, tahun berapa. Saat ini bekerja sebagai apa di mana

1. Semua ditulis dengan TitleCase, Justify, Regular, Font Arial 10 dengan format berikut ini : LAMPIRAN (UPPERCASE, LEFT, BOLD, FONT ARIAL 10) Jika ada yang ingin dilampirkan, bagian lampiran ini dapat diisi dengan tabel, gambar/grafik yang ukurannya besar sehingga tidak bisa disisipkan ditengah-tengah artikel pada bab-bab sebelumnya. Secara umum gambar tata letak penulisan artikel untuk Jurnal Teknologi Lingkungan adalah : Header 1,25 cm

2,5 cm JUDUL TILISAN ABSTRAK

3 cm

Format Umum Isi Tulisan Sentence Case, Justify, Regular, Font Arial 10

Footer 1,5 cm

0,5 cm

Sentence case, Justify, Italic, Arial 10

Mirror margin; Layout Header footer Different odd and even; Format tabs stop=1,25cm

3 cm

2,5 cm

Gambar 1. Tata Letak Tulisan Pada Kertas A4 2

Jurnal Teknologi Lingkungan, Vol.1, No. 1, Januari 2000 : 1-3