KALKULATOR FUNGSI TRIGONOMETRI BERBASIS SMS - SInTA

21 downloads 257 Views 83KB Size Report
BAB I. PENDAHULUAN. 1.1. Latar Belakang Masalah. Short Message Service atau yang lebih dikenal dengan SMS merupakan salah satu fasilitas dalamĀ ...

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah Short Message Service atau yang lebih dikenal dengan SMS merupakan salah satu fasilitas dalam sistem komunikasi GSM yang digunakan untuk mengirimkan pesan singkat melalui telepon selular. Disamping layanan dasar berupa pengiriman dan penerimaan pesan, pada saat ini SMS sudah banyak dikembangkan untuk aplikasi-aplikasi lain seperti mobile banking, mobile payment, mobile ticketing, mobile control dan masih banyak lagi. Pada tugas akhir ini dibangun program eksekusi fungsi trigonometri yang dapat diakses melalui SMS. Seperti yang umum diketahui telepon seluler memiliki fasilitas kalkulator tetapi terbatas hanya untuk fungsi perkalian, pembagian, pengurangan, penjumlahan. Untuk mengetahui fungsi trigonometri user hanya perlu mengirimkan SMS ke gateway. Pesan SMS yang masuk ke gateway sistem diolah menjadi suatu perintah yang dimengerti oleh sistem. Selanjutnya secara otomatis sistem ini akan memberi respon dengan mengirimkan SMS balasan kepada user.

1.2. Batasan Masalah Sistem yang dibuat memiliki beberapa batasan, sebagai berikut : o Sistem hanya melayani perhitungan fungsi trigonometri dasar (Sin, Cos, Tan) dan trigonometri invers (Arcsin, Arccos, Arctan). o User diasumsikan mengetahui format pesan untuk memperoleh hasil perhitungan fungsi trigonometri melalui SMS. Apabila pesan yang dikirim salah atau tidak dikenali oleh sistem, maka sistem akan memberi respon kesalahan.

o Sistem ini tidak menangani kesalahan-kesalahan yang disebabkan kesalahan pengiriman data SMS oleh operator. 1.3. Rumusan Masalah Permasalahan utama dalam proyek akhir ini adalah bagaimana mewujudkan sistem akses fungsi trigonometri berbasis SMS pada jaringan GSM. Dari permasalahan utama tersebut dijabarkan menjadi beberapa sub masalah antara lain : o Bagaimana merancang format pesan sehingga mempermudah user untuk mengakses fungsi trigonometri dan mampu mengecek kesalahan persamaan ekspresi. o Bagaimana memilah-milah (Parsing) data perhitungan fungsi trigonometri, sehingga dapat dieksekusi oleh sistem dan hasilnya bisa dikirim kembali ke user.

1.4. Spesifikasi Program Perangkat keras yang diperlukan untuk implementasi sistem akses fungsi trigonometri menggunakan fasilitas SMS adalah berupa Personal Computer (PC) dan GSM Interface sebagai antar muka ke jaringan GSM. 1.

Personal Komputer Personal komputer menangani fungsi pengolahan basis data sistem dan pengolahan pesan yang masuk ke sistem untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh user tersebut. Untuk menangani fungsi tersebut mengunakan PC dengan spesifikasi sebagai berikut : - Prosesor

: Celeron 850

- RAM

: 128 Mb

- Harddisk

: 10 Gb

- Serial port

: COM 1 atau COM 2

2.

GSM Interface Merupakan antarmuka yang menghubungkan PC sebagai pemroses dengan jaringan GSM. GSM interface ini terdiri dari beberapa perangkat sebagai berikut : -

Telepon Seluler Telepon seluler yang digunakan untuk mengimplementasikan sistem ini adalah NOKIA 3315.

-

Data Suite Data Suite merupakan kabel penghubung antara PC dengan telepon seluler. Data Suite terhubung ke PC melalui serial port dan terhubung ke telepon seluler melalui konektor data.

-

Subcriber Identity Module (SIM) SIM digunakan untuk mendukung layanan Mobile Originating Short Message dan Mobile Terminating Short Message.

Perangkat lunak yang digunakan: -

Windows

-

Borland Delphi 6

-

Ms Access 2000

-

Library GNOKII Nokia Data Suite Driver

1.5. Tujuan Tugas Akhir Tujuan tugas akhir ini adalah membangun perangkat lunak untuk eksekusi fungsi trigonometri dengan sistem akses menggunakan SMS.

1.6. Metodologi Metodologi yang digunakan untuk pembuatan sistem ini diuraikan sebagai berikut : o Studi Literatur melalui buku maupun internet. o Observasi.

o Pada tahap implementasi digunakan siklus hidup rekayasa perangkat lunak melalui beberapa tahap antara lain: Analisa, Perancangan, Implementasi (Coding), Uji Coba.

1.7. Sistematika Penulisan Sistematika penulisan laporan ini menggunakan sususnan sebagai berikut. Untuk bab I yang merupakan pendahuluan berisi gambaran secara umum isi laporan skripsi, meliputi latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan sistem, metodologi, sistematika penulisan. Bab II berisi uraian beberapa landasan teori yang akan digunakan dalam menyelesaikan tugas akhir. Untuk perancangan sistem akan dipaparkan pada bab III berisi analisa sistem dan perancangan yang dilakukan untuk mengembangkan sistem yang baru dengan menggunakan teori dan alat bantu serta implementasinya ke dalam program komputer. Bab IV membahas implementasi dan analisa sistem yang merupakan hasil perancangan sistem, serta penjelasan operasional dan analisis sistem. Penutupnya adalah bab V yang akan memberikan kesimpulan serta saran yang diperlukan untuk pengembangan sistem.