Pedoman Singkat Penulisan Artikel

27 downloads 440 Views 17KB Size Report
DAN MATEMATIKA. A. Jenis dan Proses Penilaian Artikel. 1. Hasil penelitian, diprioritaskan yang orisinil, belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang ...

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL UNTUK PARADIGMA MAJALAH ILMIAH SAINS DAN MATEMATIKA

A. Jenis dan Proses Penilaian Artikel 1. Hasil penelitian, diprioritaskan yang orisinil, belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan pada jurnal/majalah ilmiah lain. Sangat disarankan, menggunakan rujukan berupa jurnal/ majalah ilmiah yang relatif terbaru.

2. Review, berupa kajian secara rinci dan mendasar atas perkembangan mutakhir suatu bidang ilmu dalam lingkup Matematika dan Sains. Rujukan harus menggunakan jurnal/majalah yang relatif terbaru.

3. Kontribusi Singkat (Short Contribution), berupa: (a) resensi buku atau telaah pustaka dengan penekanan padahal-hal yang spesifik tentang suatu topik; (b) solusi suatu masalah dengan menggunakan pendekatan lain yang berbeda dengan yang digunakan pada referensi yang dirujuk; dan (c) pengalihan bahasa bagi artikel atau tulisan yang sudah ada dari suatu bahasa ke bahasa lain, bila dipandang memberikan manfaat.

Selanjutnya, proses penilaian artikel dilakukan oleh paling kurang seorang pakar di bidangnya yang berasal dari luar UNHALU Kendari.

B. Penyerahan Artikel (dari Penulis ke Redaksi) Artikel dikirimkan ke “Redaksi Majalah Ilmiah Sains dan Matematika ‘Paradigma’ FMIPA Unhalu Kendari, Kampus Bumi Tridharma Anduonohu 93231”, ke alamat e-mail: [email protected]

C. Aturan Penulisan 1. Format Artikel a. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris, ukuran letter (8.5” × 11”), tidak lebih dari 10 halaman termasuk lampiran, ilustrasi, gambar, dan lain-lain (jika ada), kecuali artikel yang berupa kontribusi singkat, tidak boleh lebih dari enam halaman.

b. Artikel diketik: dengan spasi 1.5, menggunakan MS Word, jenis huruf Times New Roman, Font size 11 pt. Lebar susur (margin): atas 1.55”; kiri 1.45”; bawah 1.6”; dan kanan 1.45”.

2. Bentuk Artikel a. Unsur-unsur dalam Artikel Hasil Penelitian 1) Judul Artikel, Nama Penulis, Nama dan Alamat Instansi Penulis. Jika artikel berbahasa Indonesia maka judul ditulis dalam bahasa Indonesia disertai dengan terjemahannya dalam bahasa Inggris. Nama penulis dicantumkan tanpa gelar, nama belakang tidak disingkat dan diletakkan di bawah judul artikel. Nama dan alamat instansi penulis diletakkan di bawah nama penulis. Judul artikel, nama penulis, serta nama dan alamat instansi penulis, diletakkan dalam posisi center (tengah), dan dicantumkan pada halaman terpisah dari isi artikel. Pada halaman pertama isi artikel (setelah halaman judul) harus dicantumkan judul artikel dalam bahasa Indonesia dan Inggris, sebelum abstrak (abstract). Artikel yang merupakan ringkasan tugas akhir atau skripsi mahasiswa, nama mahasiswa dicantumkan sebagai penulis utama dan nama pembimbing diikutkan sebagai penulis anggota.

2) Abstrak dan Kata Kunci (keywords). Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, maksimum 250 kata. Abstrak merupakan intisari artikel, memuat deskripsi tentang: tujuan, metode, dan hasil penelitian tanpa disertai opini penulis. Abstrak diletakkan langsung di bawah judul artikel, ditulis dalam satu paragraf diketik dengan spasi 1, font size 10 pt, dan bagian awal diberi indent 5

ketukan. Judul abstrak diletakkan dalam posisi center (tengah). Kata kunci juga ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Kata kunci dalam bahasa Indonesia diletakkan langsung di bawah abstrak yang berbahasa Indonesia dan kata kunci dalam bahasa Inggris diletakkan langsung di bawah abstrak yang berbahasa Inggris. Kata kunci, maksimum 5 frase. Jika mencantumkan lebih dari satu frase, maka kata kunci satu dengan lainnya dipisahkan oleh koma ( , ).

3) Pendahuluan. Bagian ini berisi gambaran singkat tentang masalah penelitian, hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan berkaitan dengan masalah, dan solusi untuk menyelesaikan masalah.

4) Metodologi (jika ada). Bagian ini berisi alat dan bahan, metode, dan cara/tata kerja.

5) Hasil dan Pembahasan. Bagian ini memuat hasil-hasil yang diperoleh dan interpretasinya.

6) Kesimpulan. Bagian ini memuat jawaban dari masalah penelitian.

7) Daftar Pustaka. Penulisan daftar pustaka mengikuti aturan sebagai berikut: a) Pustaka berupa buku: [nomor] Pengarang. Tahun. Judul Buku. Cetakan. Edisi. Tempat terbit: Penerbit. b) Pustaka berupa jurnal/majalah ilmiah: [nomor] Penulis. Tahun. Judul Tulisan. Nama Majalah/Jurnal Ilmiah. Volume, halaman. c) Pustaka berupa prosiding: [nomor] Penulis. Tahun. Judul Makalah, dalam Judul Prosiding, halaman. Tempat Terbit: Penerbit. d) Pustaka yang berupa situs web: [nomor] Penulis (jika ada). Judul Makalah (jika ada), Organisasi, alamat situs web [tanggal akses]. Nama pengarang atau penulis artikel ditulis dengan urutan

terbalik, yaitu nama belakangnya diikuti nama depannya disingkat dan penulisannya dipisahkan oleh tanda koma ( , ).

b. Unsur-unsur dalam Artikel Review dan Kontribusi Singkat Sistematika dan substansi isi setiap bagian mengikuti artikel hasil penelitian, kecuali pada tiga hal, yaitu: isi dari bagian Pendahuluan, penambahan bagian Kajian Pustaka atau

Landasan

Teori

setelah

Pendahuluan,

dan

tanpa

bagian

Metodologi.

Pendahuluan, berisi: latar belakang pentingnya topik yang dibahas, masalah yang menarik sehubungan dengan latar belakang, dan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kajian Pustaka atau Landasan Teori, berisi pernyataan-pernyataan teoritik yang merupakan alasan-alasan logis, sebagai dasar untuk menyelesaikan masalah.