PENELITIAN ILMIAH - yimg.com

5 downloads 323 Views 890KB Size Report
o Perbandingan kinerja bank syariah dan bank konvensional o Model-model bank ... digunakan untuk meng-exercise topik/objek penelitian. o Model ... Karya Ilmiah di Level Akademik. 11 ..... Mengapa mudarabah masih kurang populer? 2.

1

PENELITIAN ILMIAH: TEORI DAN APLIKASI TEKNIS

Associate Prof Rifki Ismal, PhD

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

2

Metodologi dan Metode Riset

METODOLOGI Vs METODE RISET Metodologi Riset:  Sudut pandang kita terhadap suatu topik/objek penelitian.  Terdiri dari 2 jenis: metodologi kuantitatif dan metodologi kualitatif, dan harus ditentukan 1 dari 2.  Metodologi kualitatif: pandangan kualitatif suatu penelitian terhadap suatu topik/objek yang diteliti.  Contoh: o o o

Faktor-faktor penyebab rendahnya pangsa pasar bank syariah Perbandingan kinerja bank syariah dan bank konvensional Model-model bank syariah.

 Metodologi

kuantitatif: pandangan kuantitatif suatu penelitian terhadap suatu topik/objek yang diteliti. o o o

3

Formula rasio bagi hasil yang ideal Mengukur Index risiko kredit bank syariah Imbalan simpanan maksimal bank syariah

METODOLOGI Vs METODE RISET

4

Metode Riset:  Alat ukur/alat analisa yang digunakan untuk mengexercise topik/objek penelitian.  Terdiri dari 3 jenis: metode kuantitatif dan metode kualitatif dan metode gabungan, harus dipilih;  Metode kualitatif: Alat ukur/alat kualitatif yang digunakan untuk meng-exercise topik/objek penelitian.  Contoh: o Analisa perbandingan operasional bank o Tren naik/turun suatu indikator o Analisa pencapaian industri / kinerja perusahaan. o Opini pakar/ pandangan publik  Metode kuantitatif: Alat ukur/alat kuantitatif yang digunakan untuk meng-exercise topik/objek penelitian. o Model ekonometri o Formula matematika o Formula keuangan/akuntansi

METODOLOGI Vs METODE RISET  “Saya

ingin ke Bandung”..metodologi ..  Ke bandung naik bus, travel, kereta api, mobil sendiri, dll….metode  Faktor-faktor

penyebab turunnya laba bank….metodologi..  Model dinamis, regresi OLS, VAR, VECM, survey ilmiah, wawancara, dll…metode…  Formula

bagi hasil yang ideal di bank syariah…metodologi…  Teori peluang, optimasi dinamis, wawacara, dll..metode bisnis bank syariah..metodologi….  Perbandingan model di indonesia dan malaysia, studi literatur, wawancara, FGD, survey, dll…metode.  Model-model

5

6

Penelitian Ilmiah

HAKIKAT PENELITIAN ILMIAH

7

Di semua level:  Berawal dari masalah dan akan memecahkan masalah.  Tidak hanya menjelaskan namun melakukan analisa dengan alat analisa  Ditulis dengan tata cara/kaidah penulisan ilmiah yang standar. Di level S1 dan S2:  Masalah penelitian yang khusus, spesifik dan jelas (S1)  Dibatasi dengan asumsi-asumsi (S1)  Dilakukan analisa yang mendalam, detail, terstruktur dan dengan alur penjelasan yang jelas (S2) Di level S3: level S2 +….  Masalah yang khusus tapi sangat penting  Menemukan suatu konsep, strategi, pendekatan baru  Menemukan suatu teori, formula baru  Berkontribusi bagi ilmu pengetahuan

PERTIMBANGAN DALAM MENYUSUN KARYA ILMIAH 1. Peneliti

berminat dan tertarik untuk meneliti masalah/topik penelitian

2. Pembimbing

mempunyai keahlian di bidang/topik yang diteliti

3. Data

dan informasi tersedia atau dapat diupayakan

4. Dapat

diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

PERBEDAAN JENIS KARYA TULIS Issues

Journal

Riset/Kajian Isi ilmiah Pakar/peer group Proses Review di bidangnya Kontribusi

bagi ilmu pengetahuan

Tata Cara Penulisan

Bahasa Akademik dan Formal

Bobot Kuotasi Apresiasi Akademik 9

Sangat diutamakan Sangat tinggi

Artikel Koran Berita/cerita /penjelasan Editor koran

Buku Penjelasan Editor buku/penerbit

Bagi publik umum Bagi publik umum Bahasa informal, Bahasa Formal, gaul, digemari gaul, digemari publik publik Tidak terlalu Diutamakan diutamakan Tidak ada Tinggi bobotnya (LN)

LEVEL PERISET/AKADEMISI

1

1. 2.

2 3.

3 4

4.

Editor Journal International (Peer Group Member) Penulis Journal international, buku international Penulis paper di event international (seminar, conference, dll) Penulis artikel koran, majalah, buletin (lokal).

11

Karya Ilmiah di Level Akademik

PROSES PENULISAN KARYA ILMIAH 1.

2. 3.

4.

Berawal dari masalah yang terjadi di “lapangan”. Menggunakan metodologi dan metode ilmiah untuk menganalisa dan memecahkan masalah tersebut. Sesuai dengan penulisan ilmiah internasional a) Menggunakan literatur terkini (5 th terakhir). b) Menggunakan kaidah dan format bahasa akademik yang standar: panjang pendek paragraf, kuotasi, penggunaan italic, link antar paragraf, warna c) Proporsi setiap bagian yang proporsional d) Bukan gaya penulisan buku atau tulisan artikel di koran dan bukan gaya penulisan pidato/sambutan e) Untuk penulisan internasional menggunakan gaya bahasa Inggris yang standar, ilmiah dan bukan bahasa Indonesia yang di-inggris-kan f) Tidak ada plagiarism Hubungan antara bagian dan output akhir yang menjawab maksud dan tujuan penelitian

1. BERAWAL DARI MASALAH Berawal dari masalah yang terjadi di “lapangan”. •

Spesifik di industri, ekonomi, tertentu di suatu daerah, lokasi tertentu (S1)  Rendahnya penjualan sepatu di bogor; inefisiensi BMT di indramayu.



Spesifik di banyak industri, sektor ekonomi, di suatu negara/wilayah tertentu (S2)  Minimnya dukungan pemerintah Indonesia terhadap perkembangan bank syariah; terbatasnya simpanan bank syariah, dll



Spesifik di banyak negara (masalah latent) yang bertahun-tahun tidak pernah terpecahkan (S3)  Rendahnya investment based financing di bank syariah; kecilnya pangsa pasar bank syariah; belum adanya index benchmark untuk pricing bank syariah, dll

1. BERAWAL DARI MASALAH Berawal dari masalah yang terjadi di “lapangan”. •

Masalah yang dipilih harus “masuk” logika ekonomi dan tidak hanya mengedepankan aspek kuantitatif (penggunaan alat) saja. Contoh topik karya ilmiah: • Pengaruh krisis ekonomi dunia bagi konsumsi rumah tangga di tasikmalaya. Secara logika, sangat jauh pengaruh krisis ekonomi dunia kepada ekonomi tasikmalaya apalagi pola konsumsinya. • Pengaruh kebijakan moneter syariah bagi pembiayaan UMKM bank syariah. Kebijakan moneter bukan untuk mengatur pembiayaan UMKM lagi pula alokasi dana bank syariah di instrumen moneter sangat sedikit. • Model VAR untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pembiayaan konstruksi perbankan syariah. Ini tidak perlu karena bank syariah belum berorientasi ke pembiayaan konstruksi.

1. BERAWAL DARI MASALAH Untuk paper akademik (journal international). •

Tujuan penulisan paper (untuk memecahkan masalah) tidak secara terpisah/spesifik ditulis di paper namun tercantum di dalam alur penjelasan (latar belakang) paper.



Pertanyaan penelitian (terkait masalah) tidak spesifik ditulis, terpisah, namun tercantum di salah satu paragraf saja.



(i) Hipotesa penelitian, (ii) batasan masalah (terkait masalah), (iii) kerangka berpikir, tidak perlu ditulis di paper.



Bukan deskriptif, c/ peran bank syariah di pertanian, dst tapi analitis c/ mekanisme bagi hasil ideal di akad pertanian. Metodologi dan metode penelitian tidak perlu ditulis/dimuat secara khusus di paper journal.



1. MASALAH DST Untuk paper akademik (journal international). • •



Keterbatasan penelitian juga tidak perlu ditulis di paper journal. Judul paper journal itu simple tanpa mencantumkan teknik analisa, periode analisa, hasil yang diharapkan, dll Tidak perlu mencantumkan ucapan terima kasih di akhir paper journal.

2. PENGGUNAAN METODOLOGI/METODE Skripsi  Penelitian ilmiah di level S1 (sederajat) menggunakan metodologi dan metode penelitian yang hanya sebatas menggunakan model/teori/pendekatan yang sudah ada. Thesis  Penelitian ilmiah di level S2 menggunakan metodologi dan metode penelitian yang menggunakan model/teori/pendekatan yang sudah ada + eksplorasi teori/model/pendekatan dan analisa ilmiah dari objek penelitian. Disertasi  Penelitian ilmiah di level S3 menggunakan metodologi dan metode penelitian untuk memecahkan masalah dengan pendekatan ilmiah dan tujuan akhir menemukan teori/model/pendekatan baru yang membuka tabir ilmu pengetahuan.

3A. PENULISAN ILMIAH INTERNATIONAL 1.

Literatur utama untuk penelitian (urut ranking):  Text book asing dari penerbit international: McGraw hill, Prentice Hall, John wiley & sons, dll  Journal international dari penerbit ternama seperti Emerald, IMF, Thunderbird, Springer, John Wiley and sons, dll.  Text book lokal dari penerbit ternama: gramedia, lembaga pemerintah, universitas ternama  Journal lokal  Artikel koran, slide presentasi, wikipedia (less preferred).

2.

Pemilihan literatur:  Terbitan tahun-tahun terkini (5 th terakhir).  Penulis ternama: pemenang nobel, ekonom terkemuka, begawan ekonomi, founding father ekonomi syariah, dll.

3A. PENULISAN ILMIAH INTERNATIONAL 1.

Gunakan series data yang terkini dan jangan menggunakan data lama (lebih dari 2 th) yang lalu.

2. Gunakan panjang series yang signifikan misalnya data bulanan di atas 5 tahun atau data tahunan selama 50 tahun terakhir.

3B. KAIDAH DAN FORMAT BAHASA 1.

2.

3.

3. 4.

Satu halaman tidak berisi hanya satu paragraf. Ingat definisi paragraf adalah kumpulan kalimat. Panjang paragraf proporsional dan sesuai. Judulnya simple tanpa mencantumkan teknik analisa, periode analisa, hasil yang diharapkan, dll (international standard ) Syarat penggunaan kuotasi: o Apabila suatu yang unik (khas, spesifik) o Apabila hasil penelitian o Apabila tidak diketahui umum. Huruf miring (italic) digunakan untuk istilah asing. Jangan hanya satu anak kalimat, contoh: o Kemana arah bunga tak diketahui. o Yaitu, bunga majemuk di setiap bank. o Adalah suatu kewajiban ulama untuk mendidik umatnya. o Merupakan niat yang baik untuk taat membayar pajak.

3B. KAIDAH DAN FORMAT BAHASA 1.

2. 3.

4.

5.

6.

Gunakan: Tabel, Grafik, Skema, Matrix, Gambar Untuk mendukung penulisan karya ilmiah. Tulisan yang terlalu panjang akan membuat bosan dan kurang menarik pembaca. Pemahaman terhadap isi juga semakin mudah ketika kajian/analisa di rangkum dalam skema, gambar, dll. Gunakan/jelaskan formula, untuk menjelaskan perhitungan yang dilakukan Tidak perlu menjelaskan/dimulai dari arti (asal usul) suatu kata, misalnya kredit berasal dari kata credere; akad adalah; bank adalah; dst Kecuali topiknya ttg fiqh (syariah), kutipan Quran, Hadist ttg hukum Islam (riba, gharar, dll) tidak perlu dijelaskan, sudah jadi pengetahuan umum. Di bagian pendahuluan atau latar belakang tidak perlu dicantumkan grafik, tabel, dll tapi dicantumkan di bagian analisa saja. Termasuk juga kutipan-kutipan, nanti dimasukkan di bab literature reivew. Kutipan hanya last name saja.

3B. KAIDAH DAN FORMAT BAHASA 1.

2.

3.

4.

5.

Sumber grafik, table, dll, apabila itu karya penulis sendiri, tidak perlu ditulis “sources: author’s own, dst, dihilangkan saja. Di abstrak tidak perlu ditulis: rumus, kuotasi, tapi isinya secara singkat mencantumkan: maksud penelitian, analisa yang dilakukan, hasil yang ditemukan dan kontribusi bagi pengetahuan. Jangan digunakan kata “saya, kami, dst” tapi menggunakan kalimat pasif atau menggunakan kata “paper ini, thesis ini, dst”. Di bagian analisa jangan dicantumkan lagi rujukanrujukan (kuotasi), ini “wilayah” bebas penulis menuangkan hasil penelitiannya. Kalimat awal atau pembuka di karya ilmiah jangan terlalu “jauh” misalnya judul karya ilmiah: Model bank syariah ideal di Indonesia. Kalimat pembukanya: bank berasal dari kata…..di jaman yunani yang berarti….

3C. PROPORSI YANG PROPORSIONAL 1.

Halaman pendahuluan/latar belakang tidak banyak dan berisi: o o o

2. 3.

Studi literatur lebih panjang dari pendahuluan namun wajib tidak melebihi bagian analisa. Analisa berisi: o o

o

4. 5.

Kalimat pengantar Masalah penting yang akan dianalisa (tidak detail) dan tidak keseriusannya. Maksud/tujuan kajian ilmiah (skripsi, thesis, disertasi, paper journal, dll).

Assessment (mengkaji) masalah dengan alat-alat Temuan-temuan analisa Analisa komprehensif.

paling panjang dan merupakan inti karya ilmiah Output penelitian, kelanjutan analisa namun lebih ringkas Kesimpulan tidak panjang karena memuat inti penelitian

3D. GAYA PENULISAN 1.   

          

Tidak menggunakan kata-kata koran atau non formal seperti: Spekulasi merepotkan regulator bank Kebijakan ini cocok diterapkan di Indonesia Operasi bank kayak ini tidak sesuai etika Hasil begitu akan mengganggu proyeksi Bisnisnya menggurita di seluruh daerah Bank syariah sudah menjamur di Indonesia. Kondisi ini ngga sesuai dengan ekonomi Indonesia Suku bunga yang meroket mengancam ekonomi. Pengunjung yang membludak di bank tersebut. Kesimpulan ini mengerucut kepada satu kata. Kebijakan pemerintah menganaktirikan sektor UMKM Walhasil, riset ini menemukan. Kondisi inilah yang menyebabkan kegagalan bank. Petani sering kemalingan di musim kemarau.

3D. GAYA PENULISAN 

   

   

Bagian atas telah menyinggung topik Sektor pertanian mendapat jatah kecil dari pemerintah Sangatlah ideal menggunakan keuangan syariah. Justru nasabah yang bersusah payah. Kenyataan ini notabene merupakan perilaku bankir. Metode ini bisa disejajarkan dengan metode ilmiah. Dinar layak dipertimbangkan sebagai mata uang. Entah menggunakan kontrak atau tidak. Sering dikatakan bahwa Islam agama terbaik.

3D. GAYA PENULISAN 1.

Tidak menggunakan bahasa koran atau non formal seperti:



Inflasi ibarat hantu bagi perekonomian Bank konvensional terkapar setelah diterjang resesi ekonomi. Bunga yang tinggi memukul sektor riil Fluktuasi mata uang mematahkan ekonomi kapitalis Kinerja bank syariah menepis keraguan terhadap konsep syariah dalam ekonomi. Redenominasi membuat galau para pedagang sehingga melabrak pemilik kios. Pertandingan berakhir dengan skor kacamata. Kerjasama bank induk dan unit usaha syariah ibarat ibu dan anak. Kepercayaan publik mulai terkikis karena krisis moneter Rapat dewan moneter menemui jalan buntu.

   

    

3D. GAYA PENULISAN 

 

  

Berkaca dari bank syariah malaysia Bank Muamalat Indonesia memiliki umur lebih lama yaitu 21 tahun Lembaga keuangan non bank dalam hal ini lembaga keuangan mikro yang sudah banyak menjamah kelompok miskin. Apabila dana haji ditempatkan di bank syariah, bank syariah akan kebanjiran likuiditas. Haji yang notabene merupakan ibadah harus dilakukan secara syariah termasuk penempatan dananya. Dana wakaf bakal terus berkembang.

3D. GAYA PENULISAN Tidak menggunakan gaya bahasa pidato/ceramah/kata sambutan seperti:        

Menurut saya, model bisnis yang baik…dst Di Indonesia terdapat 11 bank syariah. Fokus pembiayaan mereka kepada UMKM Pertama-tama kajian ini menganalisa….dst Saya merekomendasikan bank syariah untuk selalu meningkatkan kinerjanya...dst Di bab 2 kami melakukan analisa terhadap neraca….dst. Hasil analisa menyadarkan kita bahwa bank syariah masih tumbuh lambat. Sudah sepantasnya pemerintah memperhatikan bank syariah. Tidak bisa dipungkiri, bank syariah paling ideal.

3D. GAYA PENULISAN Menggunakan kata penghubung agar setiap kalimat dan paragraf menjadi satu kesatuan analisa yang terstruktur dan menarik dibaca seperti: 



Bank syariah terdiri dari beberapa bentuk yaitu bank umum syariah (BUS), unit usaha syariah (UUS) dan bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS). Bank syariah adalah bank yang berdiri sendiri (independent) dan beroperasi sesuai prinsip-prinsip dan kontrak-kontrak syariah. UUS adalah unit khusus di bank konvensional yang menyediakan layanan syariah. BPRS adalah bank dengan operasi khusus dan spesifik beroperasi hanya diwilayah tertentu. Gunakan kata, sementara itu, selain itu, oleh karena itu, Namun demikian, dst.

3D. PENULISAN BAHASA INGGRIS & PLAGIAT 1.

Bahasa Inggris standar dan bukan bahasa Indonesia yang di-inggris-kan seperti: • • • •



Application of Islamic economics to make stable Indonesian economy. Islamic banking will little by little improve the banking system. The writer is interested in writing this topic. The magnitude of potential microbanking market makes many banks and other financial institutions to make profits. Sukuk instrument in Indonesia has become growing popular

3D. PENULISAN BAHASA INGGRIS & PLAGIAT 2.

Pilih salah satu: Inggris British atau Inggris amerika: • Centre (UK) atau Center (american) • Colour (UK) atau Color (american)

3.

Tidak ada plagiat: • Setiap kutipan utuh ditulis terpisah. • Ucapan pihak ketiga ditulis sumbernya • Data pihak ketiga ditulis sumbernya

4.

Nama-nama penulis di daftar pustaka tidak mencantumkan gelar apa pun.

3E. PERTANYAAN PENELITIAN DAN HIPOTESA 1.

Pertanyaan penelitian selayaknya berawalan “bagaimana” atau “mengapa” contoh: • •

Bagaimana strategi meningkatkan pangsa pasar bank syariah? Mengapa mudarabah masih kurang populer?

2.

Hipotesa ditulis dengan pertimbangan utama harus menjadi fokus analisa karena hipotesa ini wajib dijawab di akhir penelitian.

3.

Berpikir dari masalah akan membimbing kita untuk menulis apa hipotesa yang harus ditulis.

4. HUBUNGAN ANTARA BAGIAN 1.

Pendahuluan merupakan awal yang menjelaskan masalah, maksud dan tujuan kajian ilmiah, dll

2.

Isi merupakan assessment, analisa, simulasi atau upaya untuk memecahkan masalah. Manfaat penelitian tidak perlu ditulis di paper ilmiah (journal).

3.

Output adalah temuan atau hasil kajian yang dikaitkan dengan studi literatur, maksud dan tujuan penulisan, saran, dll.

4.

Kesimpulan yang memuat ringkasan penelitian, kontribusi penelitian bagi ilmu pengetahuan (disertasi), penelitian ke depan, dll.

KISARAN PROPORSI

Latar belakang (5% dari total halaman)

Studi literatur (15% dari total halaman)

Analisa dan temuan (70% dari total halaman)

Kesimpulan (10% dari total halaman)

PROPORSI DI JOURNAL INTERNASIONAL 1.

Maksimal antara 10-15 halaman. Lebih dari itu jarang ada journal internasional yang memperkenankan.

2.

Isi merupakan hasil assessment, analisa, simulasi atau upaya untuk memecahkan masalah. Sehingga, isi mendominasi paper journal.

3.

Output adalah temuan atau hasil kajian. Bahkan output merupakan temuan bagi ilmu pengetahuan dan membuka tabir pengetahuan termasuk memecahkan masalah “klasik” yang selama ini belum terpecahkan.

4.

Kesimpulan yang memuat ringkasan penelitian.

36

Lampiran

JOURNAL INTERNATIONAL SYARIAH • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Review of Islamic Economics (MIHE) - England. Journal of Islam and Middle Eastern Finance (Emerald) Journal of Islamic Accounting and Business Research (Emerald). Journal of Islamic Marketing (Emerald). Humanomics, International Journal of System and Ethics (Emerald). Studies in Economics and Finance (Emerald). British Accounting Review. Thunderbird International Business Review (Elsevier). Journal of Economics and Administrative Sciences (Emerald) International Journal of Commerce and Management (Emerald) Australian Journal of Islamic Banking and Finance (Emerald) Journal of Qualitative Research in Financial Markets (Emerald) Journal of Islamic Finance (IIUM – Malaysia) Journal of Islamic Economics, Banking and Finance (IBTRA) ISRA International Journal of Islamic Finance (Malaysia) Kyoto Bulletin of Islamic Area Studies, Kyoto University (Japan) IRTI Journal of Islamic Economic Studies (IDB) IMF Macroeconomic Review

PENERBIT INTERNATIONAL SYARIAH • • • • • • • • •

John Wiley and Sons Edward Elgar Edinburgh Press, Oxford Press Lambert Edinburgh Press Emerald Pelanduk (malaysia) CERT (malaysia)

LEMBAGA INTERNATIONAL SYARIAH

• International Financial Services Board • Accounting Auditing Organization for Islamic Financial Institution • International Islamic Financial Market • International Islamic Liquidity Management • International Islamic Rating Agency • Islamic Research & Training Institutite • International Sharia Research Academy • Organization for Islamic Conferences

AUTHOR INTERNATIONAL SYARIAH • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Dr. Umer Chapra (IRTI-IDB), Dr. Anas Zarqa (MIHE-England), Prof. Nejatullah Shiddiqui (India), Prof. Khursyid Ahmad (MIHE-England). Prof. Azmi Omar (IRTI-IDB). Prof. Habib Ahmed (Durham University - IRTI). Prof. Rodney Wilson (Durham University). Prof. John Presley (MIHE-England). Prof. Shahid Ibrahim (Bangor University). Prof. Humayon Dar (City University). Prof. Simon Archer (Reading University). Dr. Syeif Tag El din (MIHE). Dr. Mehmet Asutay (Durham) Prof. Kabir Hassan (New Orleans University). Prof Volker Nienhaus (Jerman) Prof. Abbas Mirakhor (INCEIF) Prof. Murat Cizakca (INCEIF) Prof. Hasyim Kamali Dr. Sami Suwailem Dr. Zamir Iqbal

AKHIR PRESENTASI

Terima kasih atas perhatian anda