TRY OUT UJIAN NASIONAL Tahun Pelajaran ... - jidut08chayank

44 downloads 247 Views 574KB Size Report
Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah nomor... . A. (1) . B. (2) ... (1) Pendidikan soal kelautan perlu diperkenalkan kembali kepada para pelajar untuk ..... Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah.

TRY OUT UJIAN NASIONAL Tahun Pelajaran 2012/2013 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Waktu : 120 menit PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT SKL 1: Menentukan unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas Teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 3. Bacalah dengan saksama! (1) Ada pendapat yang mengatakan bahwa saat ini banyak remaja yang tidak peduli terhadap lingkungan. (2) Hal ini sering dilontarkan kepada remaja ketika lingkungan sekitar sudah menjadi rusak. (3) Tuduhan tersebut barangkali muncul karena secara kebetulan melihat remaja yang tidak peduli terhadap lingkungannya, misalnya remaja yang membuang sampah sembarangan. (4) Memang benar ada sebagian remaja yang tidak peduli terhadap lingkungannya, namun masih banyak remaja yang mau memperhatikan lingkungannya. Misalnya, di sekolah-sekolah para siswa ditekankan untuk memelihara kebersihan kelas dan sekolah. (5) Akan tetapi, mengapa masih banyak pula masyarakat kita yang kurang memperhatikan lingkungannya? 1. Ide A. B. C. D. E.

pokok paragraf tersebut adalah... . pendapat tentang sikap remaja terhadap lingkungan remaja dituduh tidak peduli terhadap lingkungan yang rusak masih banyak remaja tidak peduli terhadap lingkungan tidak semua remaja tidak peduli terhadap lingkungan banyak masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan

2. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor... . A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) 3. Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah nomor... . A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) SKL 2 : Menentukan isi paragraf: fakta, opini, pernyatan/jawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan penulis, arti kata/istilah, isi biografi. 4. (1) Pendidikan soal kelautan perlu diperkenalkan kembali kepada para pelajar untuk meyakinkan bahwa Indonesia merupakan negara bahari. (2) Selama ini pendidikan soal kelautan diabaikan dan lebih banyak menitikberatkan soal potensi daratan. (3) Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan kelautan dan Indonesia pun pernah jaya di bidang kelautan. (4)Menurut pakar pendidikan, wawasan kebaharian bisa ditanamkan kepada anak-anak dengan memberikan pelajaran sejarah dengan lebih mengedepankan kisah-kisah sejarah laut. (5) Melalui pendidikan yang berorientasi ke laut, diharapkan sumber daya manusia di pesisir akan mampu bersaing secara global. Kalimat yang merupakan fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor ... . A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)

TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

1

Paragraf berikut untuk menjawab soal 5 dan 6! Terkesan aneh bin ajaib jika benar Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram menggunakan BBM bersubsidi bagi orang mampu. Langkah demikian merefleksikan ketidakberdayaan Pemerintah merumuskan kebijakan mengatasi subsidi bahan bakar minyak yang dinilai tidak tepat sasaran. Kekacauan kebijakan subsidi terletak pada desain kebijakan itu sendiri tanpa dikaitkan dengan problem nasional lain terkait energi. Semua ini sebenarnya disebabkan oleh ketidakjelasan Pemerintah dalam mengelola energi nasional. 5. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf adalah... . A. Mengapa MUI mengeluarkan fatwa haram menggunakan BBM bersubsidi bagi orang mampu? B. Kapan pemerintah mengeluarkan fatwa haram bagi orang mampu untuk menggunakan BBM bersubsidi? C. Mengapa pemerintah menggandeng MUI untuk mengeluarkan fatwa haram menggunakan BBM? D. Di mana letak kesalahan MUI mengeluarkan fatwa haram dalam menggunakan BBM bersubsidi? E. Mengapa terjadi kekacauan kebijakan dalam mengatasi subsidi bahan bakar minyak? 6. Arti A. B. C. D. E.

istilah fatwa dalam paragraf tersebut adalah... . keputusan usulan imbauan larangan pengumuman

7. Cermatilah kutipan paragraf berikut! Tanaman yang ada, terutama yang tumbuh di Indonesia dikenal sebagai bahan ampuh untuk obat dan digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Tanaman ini dapat ditemui sehari-hari, seperti kunyit, jahe, dan jeruk limau terdapat di pekarangan rumah. Ketiga tanaman ini dapat mengobati penyakit ringan, seperti batuk, masuk angin, dan panas dalam. Tanaman obat juga dapat dijadikan alternatif berobat yang lebih aman dan alami. Tujuan isi artikel tersebut untuk pembaca adalah... . A. Memberikan pengetahuan baru bahwa tanaman di Indonesia ternyata dapat digunakan sebagai pengobat penyakit. B. Memberitahukan bahwa kunyit, jahe, dan jeruk limau termasuk tanaman obat yang dapat menyembuhkan penyakit ringan. C. Memperoleh cara mengatasi penyakit yang diderita oleh seseorang dengan memberikan obat-obat ringan tradisional. D. Membedakan khasiat obat yang dibeli dengan khasiat yang diperoleh dari tanaman obat seperti kunyit, jahe, dan jeruk limau. E. Membandingkan dampak-dampak positif obat dari tanaman obat bagi pengguna obat tradisional tersebut.

TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

2

8. Pramudya Ananta Tur adalah seorang tokoh sastra Indonesia yang memperoleh banyak penghargaan. Selepas dari pengasingan P. Buru, dia menghasilkan beberapa buku yang pada umumnya dilarang oleh Kejaksaan Agung. Akan tetapi, penerbitan luar negeri memungkinkan buku itu beredar luas, bahkan diterjemahkan dalam beberapa bahasa asing terutama bahasa Inggris dan Belanda. Beberapa tahun terakhir ini sejumlah buku Pram yang semula dilarang beredar diterbitkan kembali oleh penerbit Hasta Mitra seperti Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa. Teladan baik yang dapat diikuti dari isi biografi tersebut adalah... . A. kegigihannya dalam berkarya B. ketekunannya membaca buku C. kesenangannya memberi penghargaan D. kepandaiannya dalam bercerita E. semangatnya dalam berjuang SKL 3: Menentukan opini penulis dan pihak yang dituju dalam tajuk rencana. Teks berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10. Cermatilah dengan saksama! Pendidikan yang dulu diperjuangkan mati-matian oleh para pejuang kemerdekaan agar seluruh rakyat mendapatkan hak yang sama, ternyata masih milik segolongan orang tertentu. Setiap tahun ajaran baru selalu muncul keganjilan berulang-ulang yakni kebingungan orang tua mencari sekolah untuk anaknya. Ternyata keganjilan itu muncul karena masalah lama belum tuntas. Standardisasi sekolah masih belum jelas sehingga menimbulkan kasta-kasta dalam pendidikan. Sistem kasta tersebut membuat para orang tua berlomba-lomba untuk mendapatkan sekolah berkasta tinggi. Bahkan, mereka rela mengeluarkan biaya besar agar anaknya bisa masuk di sekolah favorit. Sementara, banyak siswa yang tidak bisa masuk ke sekolah favorit bukan karena kurang pandai melainkan karena mereka tidak mampu membayar biaya sekolah yang tinggi. Inilah ironi pendidikan di Indonesia. 9. Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah... A. Seluruh rakyat mendapatkan hak pendidikan yang sama. B. Pemerataan pendidikan telah diperjuangkan mati-matian. C. Pendidikan masih menjadi milik segolongan orang tertentu. D. Standardisasi pendidikan akan menimbulkan keganjilan. E. Sekolah berkasta tinggi memerlukan biaya yang tinggi. 10. Permasalahan opini dalam kutipan tersebut ditujukan kepada... . A. pemerintah B. pendidik C. pelajar D. orang tua E. rakyat SKL 4 : Menentukan isi dan simpulan grafik, diagaram, atau tabel.

Tabel berikut untuk menjawab nomor 11 dan 12

PASIEN RUMAH SAKIT PERMATA TAHUN PASIEN 2008 2009 2010 2011 2012 Rawat Jalan 6.675 6.700 6.600 6.676 4.715 Rawat Inap 1.500 1.550 1.005 887 1.005 11. Pernyatan yang sesuai dengan tabel tersebut adalah... A. Pada 2008 – 2009, pasien rawat jalan dan rawat inap mengalami kenaikan. B. Pasien rawat jalan dan rawat inap pada 2009 menurun dari tahun sebelumnya. C. Terjadi persamaan penurunan pasien rawat jalan dan rawat inap pada 2010 – 2011. D. Kenaikan pasien rawat jalan dan rawat inap terjadi pada 2010 – 2012. E. Penurunan pasien rawat jalan dan rawat inap terjadi pada 2011 – 2012.

TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

3

12. Simpulan yang tepat berdasarkan tabel tersebut adalah... A. Terjadi pasang surut pada pasien rawat jalan dan rawat inap dari 2008 – 2012. B. Penurunan tajam terjadi pada pasien rawat jalan dan rawat inap dari 2008 – 2012. C. Kenaikan tajam terjadi pada pasien rawat jalan dan rawat inap dari 2008 – 2012. D. Kenaikan setiap tahun pada pasien rawat jalan dan penurunan pada pasien rawat jalan dan rawat inap. E. Penurunan setiap tahun pada pasien rawat jalan dan kenaikan pada pasien rawat jalan dan rawat inap. SKL 5: Menentukan Klasik/hikayat

unsur-unsur

intrinsik

dan

ekstrinsik

sastra

Melayu

Kutipan karya sastra Melayu Klasik berikut untuk menjawab nomor 15 dan 16

Syahdan akan permaisuri Kuripan pun ingin rasanya ia hendak berputera laki-laki yang baik parasnya. Maka kata permaisuri, “ Kakang Aji, ingin pula rasanya kita ini peroleh anak.” Maka kata Nata,”Sungguh seperti kata Tuan, Kakanda pun demikian juga. Bila gerangan Kakang ini beroleh putera dengan Yayi, akan jadi ganti Kakanda di dalam dunia ini, kalaukalau kita berdua dikehendaki Sang Yang Sukma, kembali ke kayangan.” Maka kata Permaisuri, “ Kakang Aji marilah kita memuja pada segala dewa-dewa memohon kalaukalau dianugerahkan oleh Dewata mulia akan seorang anak.”

13. Kutipan karya sastra Melayu Klasik tersebut bercerita tentang... . A. Keinginan Raja dan Permaisuri Kuripan mendapatkan seorang anak B. Keinginan Raja Kuripan untuk segera mendapatkan penggantinya C. Permohonan sang Permaisuri Kuripan kepada para dewata D. Kebahagiaan hidup permaisuri Kuripan mendapatkan putera E. Para Dewata menganugerahkan raja Kuripan seorang putera 14. Kutipan cerita karya sastra Melayu Klasik tersebut menggunakan sudut pandang... . A. orang pertama tokoh utama B. orang ketiga terarah C. orang pertama sebagai pencerita D. orang ketiga serbatahu E. orang ketiga bukan tokoh utama SKL 6: Menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel/cerpen/drama Penggalan novel berikut untuk menjawab nomor 17 dan 18. “Ya, Kang Tamin,” sela Sumi, “kita sudah bercerita banyak, kini datang giliranmu. Ceritakan tentang negeri jauh itu.” Tamin tersenyum seperti hendak tertawa, mengambil selembar daun jagung, digulungnya tembakau, dinyalakan dan diisapnya dalam-dalam. Ia seperti masih tak hendak memulai berbicara dan adiknya mendesak,”Ceritakan bagaimana mereka berhias, kain yang disenanginya, dan bagaimana mereka memasak, Kang!” “Aku pergi cuma sebagai Heiho, Sumi. Kewajibanku berkelahi dan menembak, pengembaraanku di tengah hutan belantara. Aku tak pernah melihat mereka,” sahut Tamin tertawa. “Itu bohong!” kata Sumi tertawa. “Kau laki-laki Kang Tamin. Mengapa kau tidak memilih satu dari mereka, membawanya pulang kemari, biar kampung ini bertambah kaya!” Ia tertawa lagi, lalu disusul tawa itu oleh ayah dan ibunya dari balai-balai di ruang tengah itu. “Biarkan dia bercerita menurut caranya. Itu akan lebih baik. Engkau minta yang bukanbukan!” kata ayahnya kepada Sumi. (Pulang – Toha Muhtar) 15. Tokoh Tamin dalam penggalan novel tersebut digambarkan sebagai sosok pemuda yang... A. suka berjuang untuk negaranya B. pemalu dan suka menyendiri C. kurang pandai bercerita D. banyak pengalaman E. tak pernah menikah

TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

4

16. Latar tempat yang digunakan penulis dalam penggalan cerita tersebut adalah... . A. kampung halaman B. hutan pengembaraan C. jauh di negeri orang D. perjalanan pulang E. negeri Jepang

Bacalah kutipan drama berikut dengan cermat! Sutopo Citra Sutopo

Citra

: (Berhenti menulis memandang Citra) Makin lama makin cepat juga rupanya mengetik, Dik! : (Agak malu) Kapan Mas yang jadi guruku? : (Tersenyum) Ya kita akan bekerja lagi sekuat-kuat tenaga, Dik. Sudah empat bulan pabrik kita ini berhenti, karena perang. Sekarang pemerintah memberi lagi kesempatan seluas-luasnya untuk bekerja terus. Zaman pembangunan sudah datang. : Mas suka mempermain-mainkan aku. Mana pula aku akan dapat menolong. Aku cuma anak desa yang bodoh, dilahirkan untuk bekerja di dapur. Aku cuma anak pungut.

17. Amanat yang terdapat dalam penggalan drama di atas adalah... . A. Rendah diri itu tidak benar B. Songsonglah hari esok yang lebih baik C. Bekerjalah sampai menunggu perang selesai D. Kesempatan untuk bekerja tiada datang dua kali E. Gunakanlah kesempatan yang datang sebaik mungkin SKL 7: Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi Malam mulai bercerita Ketika suara sunyi beradu dengan temaram senja Ketika rembulan tersenyum pada bumi dengan manja Tentang kayu rapuh dimakan rayap Tentang daun gugur di batas musim Tentang putaran waktu yang tak pernah berhenti Malam mulai bercerita Bagaimana kehidupan dijadikan panggung pertunjukan Bagaimana manusia berlomba mencari kepuasan Dan tak tahu akhir perjalanan 18. Maksud puisi tersebut menggambarkan... . A. Perilaku hidup manusia yang semata mengejar kepuasan tak berujung dan berpangkal B. Kondisi bumi yang semakin rapuh dimanfaatkan manusia untuk mengejar kepuasan yang tak tahu tujuan C. Kehidupan manusia di bumi yang semakin rusak karena diwarnai oleh manusia yang mencari kepuasan D. Panggung kehidupan menjadi rusak karena diwarnai oleh manusia yang mencari kepuasan E. Perilaku hidup manusia yang hanya mengejar kepuasan telah merusak panggung kehidupan 19. Suasana hati penulis yang tergambarkan dalam puisi tersebut adalah.... A. kesedihan B. kedukaan C. keprihatinan D. kegelisahan E. kekaguman

TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

5

SKL 8: Menentukan isi puisi lama, pantun, gurindam 20. Anak ikan dipanggang saja Hendak dipanggang tiada berkunyit Anak orang dipandang saja Hendak dipinang tiada berduit Pantun di atas menggambarkan… . A. Seseorang yang tidak mampu berbuat apa-apa B. Seseorang yang kecewa karena tidak mampu C. Seseorang yang putus asa karena kemiskinan D. Seseorang yang hanya dapat memandangi orang lain E. Seseorang yang tidak mampu memenuhi keinginannya, karena ketiadaan 21. Beribadah dengan sungguh

Tenang batin pasti terengkuh

Maksud satu bait gurindam tersebut adalah... . A. Hati akan menjadi tenang jika mau beribadah dengan sungguh-sungguh B. Orang yang beribadah akan mendapatkan ketenangan jiwa dan raga C. Selama orang mau beribadah akan terjamin kehidupan batinnya D. Setiap melakukan ibadah hendaknya dilakukan dengan tulus ikhlas E. Ibadah menjadi kunci utama dalam menjalani kehidupan batin SKL9: Menulis paragraf padu 22. Cermatilah kalimat acak berikut! (1) Oleh karena itu, sarana dan fasilitas berbagai bacaan yang telah disediakan untuk masyarakat harus digunakan seefektif mungkin untuk menumbuhkan budaya baca. (2) Kemajuan masyarakat buku bukan berasal dari melihat atau mendengarkan, melainkan dari membaca berbagai literatur tertulis. (3) Di samping itu, budaya baca masyarakat yang sudah dimulai harus terus dibina dan ditingkatkan agar bangsa ini maju dan berkembang. (4) Dengan demikian, sudah saatnya pihak pemerintah, tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat , atau dunia perbukuan, memberikan kepedulian bagi tumbuhnya budaya membaca sesuai harapan kita. (5) Pendirian taman bacaan di berbagai tempat, penerjemahan buku-buku asing yang bermutu, penyediaan buku-buku murah, serta keteladanan tokoh masyarakat dalam membaca merupakan langkah strategis untuk memberdayakan budaya baca masyarakat. Kalimat acak tersebut dapat disusun menjadi paragraf padu yang paling tepat adalah... A. (1), (2), (3), (4), dan (5) B. (3), (1), (4), (2), dan (5) C. (3), (2), (4), (1), dan (5) D. (4), (5), (1), (2), dan (3) E. (5), (2), (1), (3), dan (4) SKL 10: Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang padu. 23. Akibat serangan hama itu, nilai jual padi di wilayah timur Cilacap menjadi sangat rendah. Apalagi tanaman padi tersebut sempat terguyur abu vulkanik Merapi. ... . Daya tarik pembeli pun menjadi berkurang. Kalimat deskriptif yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah... . A. Bulir-bulir padi kusam, keabu-abuan, dan tidak cerah B. Otomatis tidak setiap orang mau membelinya C. Jika demikian, daya jualnya menjadi rendah D. Padi seperti ini tidak bisa diharapkan lagi E. Sesuatu yang sudah cedera tidak mudah dijual

TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

6

24. Masalah-masalah yang dialami, dilihat, dirasakan, dan didengarkan oleh seseorang maupun orang lain dapat ditulis sebagai bahan tulisan cerita pendek. Hal ini tidak jauh berbeda dengan tulisan berupa puisi. Penulis puisi umumnya juga mengungkapkan masalah-masalah yang berkaitan dengan hal-hal tersebut. Membaca karya sastra berupa cerpen tidak sekadar mendapatkan indahnya isi cerita, tetapi lebih jauh lagi pembaca akan mendapatkan pengalaman batin yang lebih berharga. ... . Kalimat simpulan analogi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah... . A. Dengan demikian, membaca puisi tidak jauh berbeda dengan membaca cerpen B. Hal-hal yang dikemukakan dalam tulisan puisi berupa pengalaman kehidupan seseorang C. Memang seharusnya cara membacakan puisi sama dengan cara membacakan cerpen D. Karena itu, pembaca puisi juga akan mendapatkan pengalaman batin yang lebih berharga E. Maka dari itu, puisi dan cerita pendek dapat digolongkan sebagai bacaan yang berharga 25. Lima puluh kaveling perumahan Cemara Indah di Desa Mangunan, Kecamatan Depok, Sleman Yogyakarta, sementara ini dihuni oleh sembilan belas keluarga berasal dari daerah Banyumas. Sedangkan yang lain, tujuh keluarga berasal dari Klaten, sembilan keluarga berasal dari daerah dari daerah Jawa Timur, dan 2 keluarga dari daerah Jawa Barat. Sisanya, tiga kaveling belum terisi. ... Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi tersebut adalah... . A. Hampir semua kaveling perumahan Cemara Indah di Desa Mangunan telah terjual. B. Penghuni perumahan Cemara Indah berasal dari berbagai daerah luar Yogyakarta. C. Penghuni perumahan Cemara Indah hampir seluruhnya telah berkeluarga. D. Keluarga besar penghuni perumahan Cemara Indah berasal dari Banyumas. E. Perumahan Cemara Indah, Desa Mangunan, Kecamatan Depok, berasal dari berbagai daerah. 26. Pada musim tanam tahun ini dua kali banjir Sungai Elo telah melanda persawahan penduduk Tanjungsari. Sekitar dua puluh persen tanaman padi berumur satu bulan hanyut dilalapnya. Ketika tanaman padi yang tersisa mulai berbunga, hama walang sangit datang menyerangnya. Selang beberapa minggu kemudian, hama tikus menyusulnya dengan membabat habis bulir-bulir padi yang kurang berisi itu. ... . Kalimat akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah... . A. Karena itu, Tanjungsari mengalami gagal panen pada beberapa tahun ini. B. Gagal panen akan dialami petani Tanjungsari beberapa tahun kemudian. C. Petani Tanjungsari mengalami gagal panen pada musim tanam tahun ini. D. Semua petani akan mengalami gagal panen pada musim tanam tahun ini. E. Gagal panen sering dialami petani yang berada di sepanjang Sungai Elo. 27. Perhatikan silogisme berikut ini! PU : Semua mahasiswa yang terlibat dalam demonstrasi itu akan diperiksa polisi. PK : ... . K : Renaldi tidak akan diperiksa polisi Kalimat yang paling tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah... . A. Renaldi adalah mahasiswa yang tidak berdemonstrasi B. Polisi akan memeriksa mahasiswa berdemonstrasi C. Renaldi tidak akan berhubungan dengan polisi D. Tentu saja Renaldi akan diperiksa polisi E. Renaldi tidak terlibat dalam demonstrasi itu.

TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

7

SKL 11: Melengkapi teks pidato 28. Cermati teks pidato berikut! Saudara-Saudara, Buruknya kondisi trotoar di kota ini tercatat pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Clean Air Initiative Cities Center yang dibiayai oleh Bank Pembangunan Asia. Minimnya perhatian pemerintah pada keberadaan trotoar salah satunya bisa dilihat dari biaya yang mereka anggarkan. Selanjutnya, penyalahgunaan fungsi trotoar telah memperburuk kondisi trotoar yang memang sudah parah. ... . Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah... . A. Maka dari itu, sebaiknya pemerintah kota dihimbau untuk segera memperlebar jalanjalan yang di kota kita ini. B. Alangkah baiknya jika trotoar di kota ini ditanami dengan tanaman perindang yang sangat besar manfaatnya bagi pengguna jalan. C. Untuk itu, pemerintah bersama masyarakat kota kita ini seyogyanya membangun kesadaran baru demi tertatanya lingkungan kota. D. Untuk itu, kami menghimbau kepada pemerintah agar tidak segan-segan mengalihkan anggaran tahunan kota demi lingkungan yang nyaman. E. Karena itu, marilah kita mengajak kepada semua pihak untuk mengembalikan trotoar kota kita ini pada fungsi yang sebenarnya. SKL 12: Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata serapan, kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan, peribahasa. 29. Hilangnya budaya... hanya untuk mengejar prestasi kerja. Prestasi ... hanya bisa diraih

dengan baik karena kinerja yang baik. Jangan hanya membeli prestasi untuk... Adipura. ... saya seperti ini bukanlah sesuatu yang fantastis di era yang serba canggih. Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah... . A. menyogok, semestinya, mendapatkan, keinginan B. menyogok, emangnya, dapet, keinginan C. mensogok, mestinya, mendapatkan, keinginan D. nyogok, memangnya, mendapatkan, mau E. mensogok, seharusnya, dapat, kemauan

30. Kita menyadari benar bahwa kondisi bangsa yang ...,

..., dan kebhinekaan sangat memerlukan pendekatan dan metode yang ... untuk membangun bangsa kita yang besar ini. Penulisan kata serapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah... . A. heterogeen, fluralisme, konfrehensif B. heterogen, pluralisme, komprehensif C. hetrogen, pluralisme, konfrehensif D. heterogen, pluralis, komprehensip E. heterogen, pluralis, komprehensif

31. Fungsi ... hakim yang selama ini ... Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial seharusnya bisa berjalan seiring. Namun dalam praktiknya, kedua lembaga negara itu ... tidak bisa bekerja sama dalam mengawasi ... hakim di Indonesia. Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah... . A. mengawasi, dijalani, berkesan, pekerjaan B. pengawasan, dijalankan, terkesan, kinerja C. pengawas, dijalankan, mengesankan, pekerja D. pengawasan, dijalani, terkesan, pekerjaan E. mengawasi, menjalankan, terkesan, kinerja

TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

8

32. Makna reduplikasi pada kata mobil-mobilan dalam kalimat Ketika kecil, kami sering bermain mobil-mobilan dari kardus terdapat pula pada kalimat A. Keluarga itu memiliki kebun buah-buahan yang sangat luas. B. Sahal membawa tas anyamaan sebagai kenang-kenangan untukku. C. Selama lima menit suara tembak-tembakan terus terdengar. D. Adik terkejut melihat orang-orangan di kamar. E. Mereka harus menguasai tari-tarian dengan baik untuk acara pentas seni. 33. Harfian baru saja pulang dari Jakarta. Karena sayangnya kepada adik-adiknya, berbagai barang mainan dan makanan dibawanya pulang. “Mudah-mudahan bisa membuat ayah, ibu, dan adik-adik senang,” Gumam Harfian dalam hati. Ungkapan yang sesuai dengan “barang bawaan” Harfian adalah …. A. buah tangan B. cindera mata C. buah hati D. jantung hati E. souvenir 34. Cermati paragraf berikut! ... Tidak mudah memberantas korupsi di negara kita ini. Baru saja tiga tokoh besar diadili, divonis, dan digelandang ke penjara, selang beberapa minggu dua tokoh pemerintah daerah dilansir dalam berbagai media dengan kasus korupsi. Dan rupanya akan terus bertambah. Kalimat yang mengandung peribahasa/ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah... . A. Mati anak berkalang bapak B. Mati gajah tidak dapat belalainya C. Mati ikan karena umpan D. Mati satu tumbuh seribu E. Mati harimau tak dapat belangnya SKL 13 : Menyunting penggunaan kalimat/frasa/kata penghubung/istilah dalam paragraf 35. Perhatikan beberapa kalimat berikut 1) Pengendara motor dilarang lewat jalan ini kecuali pakai helm. 2) Sehubungan dengan itu, minat baca kaum remaja makin menurun. 3) Permintaan para pelanggan belum ada yang terpenuhi karena persediaan terbatas. 4) Ini hari, kita tidak bicarakan tentang soal harga, melainkan tentang mutu barang itu. 5) Persoalan yang diajukan oleh beberapa siswa diulas kembali bersama Kepala Sekolah Kalimat yang strukturnya benar terdapat pada kalimat nomor... . A. 1 dan 2 B. 1 dan 4 C. 2 dan 3 D. 3 dan 4 E. 4 dan 5 36. Wak Katok berumur lima puluh tahun. Perawakannya kokoh dan keras, ..., kumisnya

panjang dan lebat, otot-otot tangan dan kakinya bergumpalan sebagaimana laiknya orang baru berumur tiga puluhan, bibirnya penuh dan tebal, matanya bersinar tajam.

Frasa yang paling tepat untuk melengkapi deskripsi objektif tersebut adalah... . A. rambutnya yang terurai panjang B. rambutnya masih hitam legam C. rambutnya memutih keemasan D. rambutnya keriting mengusut E. rambutnya tinggal puluhan helai TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

9

37. Saudara-saudara kita yang selama ini mengungsi... semburan awan panas dan lahar Merapi kini mulai bisa bernapas kembali. ..., bukan berarti mereka telah bebas dari masalah. Di daerah perkampungan yang diterjang lahar dingin, tidak hanya masalah membersihkan ... memperbaiki rumah, ... masalah lahan pertanian, lahan peternakan, dan sarana lain untuk penghidupan. Secara berturut-turut konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah... . A. akibat, namun demikian, atau, tetapi juga B. sebab, meski demikian, atau, tetapi C. karena, dengan demikian, dan , selain itu D. akibat, karena itu, atau, akan tetapi E. oleh karena, namun, dan, lagipula 38. Konggres itu menyadarkan para seniman bahwa profesi mereka merupakan ujud sebuah tantangan atas jaman yang serba mengagungkan materi dan kedudukan duniawi. Penulisan istilah yang bercetak miring pada kalimat di atas yang tepat adalah… . A. konggres, profesi, ujud, jaman, dunia B. kongres, profesi, wujud, zaman, duniawi C. kongres, profesi, ujud, jaman, duniawi D. konggres, profesi, wujud, zaman, duniawi E. kongres, profesi, wujud, jaman, dunia SKL 14 : Menulis surat resmi 39. Perhatikan iklan lowongan kerja berikut ! DIBUTUHKAN SEGERA 1. STAFF FINANCE (FNC) 2. STAFF ADMINISTRASI (ADM) Kualifikasi : Pendidikan D3/S1, Laki-laki/Perempuan, max 25 th, mampu mengoperasikan komputer. Lamaran dikirim ke : PT PROPAN JAYA Jalan Ring Road Utara 6 Nanggulan, Maguwoharjo, Depok, Sleman Yogyakarta. Paling lambat 1 minggu setelah iklan dimuat.

Kedaulatan Rakyat, 4 Desember 2012

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan lowongan kerja tersebut adalah... . A. Bersama dengan surat ini saya yang telah memiliki ijazah D3 ADM mengajukan permohonan sesuai dengan iklan yang dibutuhkan. B. Sesuai dengan iklan lowongan kerja pada harian Kedaulatan Rakyat, 4 Desember 2012 kami merasa mampu untuk melamar pekerjaan sebagai STAF ADMINISTRASI C. Sehubungan dengan iklan yang ditulis pada harian Kedaulatan Rakyat, 4 Desember 2012 saya telah berpengalaman sedikitnya 3 tahun dalam mengoperasikan komputer. D. Menindaklanjuti iklan Bapak tanggal 4 Desemberr 2012 dalam Kedaulatan Rakyat, saya bermaksud ikut membantu PT PROPAN JAYA. E. Berdasarkan iklan yang dimuat pada harian Kedaulatan Rakyat, 4 Desember 2012 tentang lowongan kerja staf administrasi, saya berminat untuk bergabung pada perusahaan Bapak. 40. Hal : Undangan Seminar Kalimat isi surat dinas yang sesuai dengan perihal surat tersebut adalah... . A. Mengharap kehadiran Saudara pada kegiatan seminar pada hari Sabtu, 2 Februari 2013. B. Panitia seminar sehari memohon kesediaan Saudara menjadi pemakalah pada kegiatan seminar pada hari Sabtu, 2 Februari 2013.. C. Sangat berbahagia jika Saudara berkenan hadir pada kegiatan seminar yang akan kami selenggarakan pada hari Sabtu, 2 Februari 2013. D. Telah menjadi tugas Saudara untuk hadir mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Februari 2013. E. Dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Mahaesa jika Bapak bersedia menghadiri undangan seminar kami. TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

10

SKL 15 : Menyunting kalimat dalam surat resmi 41. Saya yang bertanda tangan ... mengajukan lamaran untuk mengisi lowongan kerja

tersebut.

Penulisan rincian identitas pelamar yang tepat untuk melengkapi kalimat lamaran pekerjaan tersebut adalah... A. nama : LAILI MUNAWAROH. tempat dan tanggal lahir : Yogyakarta 12 Februari 1986 B. nama tempat dan tanggal lahir

: Anisa Kusumawati : Yogyakarta, 12 Januari 1977

C. nama pendidikan

: Nanang Himawan, SE. : S1, Ekonomi

D. nama alamat lengkap

: Susi Raysita : Perum Sawo, Jajar, Blok, E/2A

E. nama pendidikan

: Prabowo : D3 Ekonomi

SKL 16 : Menulis judul sesuai EYD 42. Penulisan judul karya tulis yang sesuai dengan kaidah ejaan penulisan judul adalah... . A. PEMBANGKIT LISTRIK BERTENAGA SAMPAH di ERA GLOBALISASI B. Pembangkit Listrik Bertenaga Sampah di Era Globalisasi C. Pembangkit Listrik Bertenaga Sampah Di Era Globalisasi D. Pembangkit Listrik Bertenaga Sampah, di Era Globalisasi E. Pembangkit listrik bertenaga sampah di era globalisasi SKL 17: Menulis karya ilmiah (latar belakang dan rumusan masalah) 43. Tema karya tulis : Pengaruh disiplin waktu terhadap prestasi belajar siswa Kalimat latar belakang yang sesuai untuk tema karya tulis tersebut adalah... . A. Disiplin merupakan hal terpenting dalam mencapai nilai yang baik. B. Banyak siswa yang prestasi belajarnya menurun karena tidak memiliki disiplin waktu. C. Siswa yang tidak memiliki disiplin waktu akan mendapat nilai yang kurang. D. Siswa yang tidak memperhatikan disiplin, prestasi belajarnya menurun. E. Masih banyak siswa yang tidak memperhatikan disiplin yang berlaku. 44. Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik karya ilmiah tersebut adalah... . A. Apa pengaruh disiplin waktu terhadap prestasi belajar siswa? B. Mengapa disiplin waktu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa? C. Sejauh manakah pengaruh disiplin waktu terhadap prestasi belajar? D. Bagaimana caranya meningkatkan prestasi belajar siswa? E. Apa sebabnya disiplin waktu berpengaruh terhadap prestasi belajar? SKL 18: Melengkapi larik kias/berlambang/berima/bermajas 45.

puisi

lama/baru

(dengan

kata

MENYESAL Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracun hati Miskin ilmu, miskin harta ........ A. Hasymi

TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

11

Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang ..... A. waktu sore hari B. kehidupan manusia C. suasana senja D. masa tua E. perasaan manusia 46. Perhatikan satu bait puisi di bawah ini!

Maka kuberikan separuh usiaku tapi pelangi dalam hatimu ... dan setetes pun tak juga kau tuang dalam gelasku Pernyataan bermajas personifikasi yang sesuai untuk melengkapi puisi tersebut adalah... A. Tak mau menyapa satu dua patah kata B. Tak lagi bersinar di setiap pagi atau sore C. Tak sedikit pun berkilau di depanku D. Semakin memudar dan membiru E. Menjadi buram tak jelas warna

SKL 19: Melengkapi dialog drama 47. Perhatikan dialog berikut! Dony : Bagaimana realisasi majalah dinding di sekolah kita? Jerry : Cukup baik dan sudah mengikuti imbauan kepala,sekolah. Dony : Pengertian baik yang Anda maksudkan ditinjau dari segi apa? Jerry : ........ Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ........ A. Baik dari diri saya sendiri maupun dari berbagai pihak B. Dari segi kertas, penampilan, dan kelengkapan isinya. C. Baik menurut pendapat orang-orang di sekitar sekolah. D. Baik dari segi biaya dan waktu. E. Segi kesiapan, kenyamanan, dan lain sebagainya. SKL 20 : Menentukan kalimat resensi 48. Cermati baik-baik keterangan buku fiksi berikut! Judul : Tabularasa (sebuah novel) Penulis : Ratih Kumala Isi : Mengangkat problem-problem kehidupan manusia pascamodern dengan menggunakan beraneka ragam gaya penceritaan. Kalimat resensi yang sesuai dengan penjelasan novel tersebut adalah... . A. Ratih Kumala bukan hanya seorang novelis, tetapi juga seorang cerpenis yang berkalikali memenangkan sayembara penulisan. B. Karakter tokoh yang dilukiskan pada novel ini sungguh akan terkesan kuat di hati pembaca dan mendorong untuk membaca hingga selesai. C. Novel Ratih Kumala ini menjadi menarik dan terasa segar untuk dibaca karena kaya dengan gaya penceritaan. D. Membaca novel Tabularasa serasa kita dibawa ke dunia maya yang tak habis-habisnya menguras angan-angan kita. E. Tidak mustahil jika novel ini bisa dijadikan panutan dalam mengolah imajinasi bagi para penulis muda yang keranjingan dengan tema cinta.

TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

12

SKL 21: Menentukan kalimat kritik 49. Perhatikan penjelasan tulisan fiksi berikut! Seribu Kunang-Kunang di Manhattan sebuah cerpen karya Umar Kayam: Hal yang diceritakan merupakan potret suasana batin. Alur cerita tidak jelas (inkonvensional) hanya berupa serpihan kejadian yang tidak menunjukkan perkembangan kejadian. Kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan karya fiksi tersebut adalah... . A. Umar Kayam dalam Seribu Kunang-Kunang di Manhattan telah gagal dalam menggambarkan tokoh utamanya. B. Cerpen Seribu Kunang-Kunang di Manhattan tidak bisa digolongkan sebagai cerita komedis. C. Membaca cerpen Umar Kayam yang satu ini imajinasi kita akan dibawa jauh ke masa lampau zaman penjajahan. D. Seribu Kunang-Kunang di Manhattan ini merupakan cerita pendek yang tidak ada ceritanya sama sekali. E. Cerpen Umar Kayam banyak yang menggunakan alur maju sehingga akhir ceritanya mudah ditebak pembaca. SKL 22 : Menentukan kalimat esai 50. Cermati penggalan tulisan esai berikut ini! Perlu sekali kita mengembangkan apa yang disebut sebagai sastra kontekstual. Dalam jenis sastra ini, para sastrawan sadar benar bahwa dia mencipta untuk kelompok konsumen tertentu. Dia tidak berpretensi bahwa karya sastranya akan dinikmati oleh seluruh umat manusia, karena dia sadar dia bukan seorang superman yang dapat terbang keluar dari kenyataan konteks sejarah. Dia tidak kecewa kalau dia tidak berhasil memenangkan hadiah Nobel. Hal A. B. C. D. E.

yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah... . Sastra kontekstual adalah jenis sastra tertentu Sastra kontekstual memiliki konsumen tertentu Penulis sastra kontekstual bukanlah superman Sastra kontekstual saat ini perlu dikembangkan Penulis tidak kecewa bila tidak mendapat hadiah

@@@[email protected]@@

TRY OUT UN SMA SAKA/BIND/2013 Editor oleh: http://jidut08chayank.wordpress.com

13

Suggest Documents